-->

Kasdam IM Pimpin Penanaman Perdana Jagung Program I'M Jagong di Wilayah Korem 012/TU

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH BARAT -  Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), yang di Wakili Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han) melaksanakan penanaman Perdana Program I'M Jagong wilayah jajaran Korem 012/TU di Gampong Meunasah Gantung Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat, Selasa (23/05/23).

Selain di Wilayah Barat Aceh penanaman perdana yang di lakukan serentak tersebut juga meliputi wilayah Timur dipusatkan di Ds. Ulegedung, Kec. Sawang, Kab. Aceh Utara wilayah Korem 011/LW yang dibuka langsung oleh Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, untuk wilayah Tengah Kodim 0101/KBA di pusatkan di Ds. Bueng Simek, Kec. Kuta Cot Gle, Kabupaten Aceh Besar yang dibuka oleh Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M.

Pangdam Iskandar Muda Mayjen, TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, melalui Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han) saat membuka penanaman perdana di wilayah Jajaran Korem 012/TU mengatakan, program I'M Jagong tersebut memiliki tujuan yang sangat penting di Prov. Aceh.

 "Dalam konteks ini, penanaman jagung dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan dalam rangka mencapai kemandirian pangan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan berkontribusi pada pembangunan mandiri di sektor Pertanian dan Industri" ujarnya. 

Kemudian lanjutnya tahapan program I'M Jagong tersebut terdiri dari beberapa langkah rinci yang diawali dengan dilakukannya finalisasi materi yang meliputi perencanaan dan persiapan teknis.

 "Selanjutnya, dilakukan riset dan pengumpulan data mengenai kondisi tanah untuk menentukan lokasi tanam awal. Setelah itu guna mendukung program ini juga dilakukan rembuk dana melalui kerjasama Investor dan Program Corporate Social Responsibility (CSR), terangnya. 

Sosialisasi internal Kodam Iskandar Muda tersebut juga dilakukan agar seluruh anggota terlibat dan mendukung program I'M Jagong tersebut dan Selanjutnya, menjalin mitra dengan berbagai pihak seperti Petani, Distributor Pupuk dan Benih, Mitra Pembiayaan, hingga jaminan Asuransi, tidak lupa juga dengan Agro Input.

"Serta Langkah terpenting Kodam IM dalam mendukung kelancaran program I'M Jagong ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan," Kata Kasdam Iskandar Muda. 

Ia juga menjelaskan bahwa setelah penanaman tersebut akan dilakukan Pendampingan, Pelatihan dan Pengawasan agar petani dapat mengoptimalkan hasil panen nantinya. Tahapan terakhir adalah Panen dan Penanganan Pascapanen serta Hilirisasi Industri guna memastikan hasil produksi jagung dapat terserap dengan baik di pasar.

Adapun luas lahan yang akan ditanami dalam program I'M Jagong tersebut mencapai 3000 hektar, yang terbagi di wilayah Aceh bagian Timur Korem 011/LW seluas 1000 hektar, Aceh bagian Barat Korem 012/TU seluas 1000 hektar, sementara itu wilayah Aceh bagian Tengah Kodim 0101/KBA seluas 1000 hektar. Dengan melibatkan luas lahan yang signifikan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produksi jagung secara signifikan dan membantu mencapai kemandirian sektor pertanian dan industri di wilayah Prov. Aceh.

"Melalui program ini, diharapkan terjadi peningkatan produksi jagung yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan petani. Selain itu, program I'M Jagong ini juga diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan mandiri di sektor pertanian dan industri, serta membantu mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan di wilayah Prov. Aceh," ungkapnya.

Program I'M Jagong tersebut juga diharapkan  dapat menjadi langkah awal yang baik sehingga dapat menjadi model inspiratif bagi daerah lain dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Turut hadir dalam penanaman jagung perdana yaitu, Kasdam IM beserta Ibu a.n. Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han), Danrem 012/TU beserta Ibu Kolonel Inf Riyanto, S.I.P, Aspers Kasdam IM beserta Ibu a.n. Kolonel Inf M. Sjahroni,S.E, Pamen Ahli Pangdam IM Bid Hukum dan Humaniter beserta ibu a.n. Kolonel Inf Roby Bulan,.S.I.P, Dandim 0105/Abar beserta ibu Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution, Para Komandan Satuan (Dansat) jajaran Korem 012/TU beserta ibu, Para Kasi Korem 012/TU, Ibu- Ibu Persit KCK Koorcabrem 012, Mewakili PT MIFA bersaudara a.n Muhammad Arif, Para Camat Kabupaten Aceh Barat, Para Geucik Kecamatan Kawax XIV, Para Masyarakat Gampong Meunasah Gantung, Kec. Kaway XVI Kab. Aceh Barat. (Rel)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini