-->

Danpos Ramil Singkil Utara Hadiri Sosialisasi Penyakit Menular

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL – Danpos Ramil Singkil Utara Koramil 0109-02/Singkil Serma Hermandani menghadiri sosialisasi penyakit menular Tuberculosis (TBC) yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (24/05/2023).

Tuberkulosis (TB) atau TBC adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak. Penularan tuberkulosis (TBC) terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) saat seseorang yang terinfeksi TBC bersin atau batuk. Oleh sebab itu, risiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah dengan penderita TBC.

Gejala dari TB tersebut yang lebih utama adalah batuk terus menerus dan berdahak selama 2 minggu atau lebih, dan gejala lainnya batuk bercampur darah, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemah, nafsu makan berkurang, berat badan turun, rasa kurang enak badan (lemas), demam meriang berkepanjangan, berkeringat di malam hari walaupun tidak melakukan kegiatan.

Serma Hermandani menyampaikan, semua orang bisa diserang sama penyakit TBC, terutama perlu mengetahui gejala penyakit TBC apalagi indonesia pada saat ini menempati peringkat kedua dunia, maka dari itu perlu sekali kesadaran masyarakat untuk memeriksa diri masalah penyakit TBC ke puskesmas terdekat.

"TBC bukan hanya tentang kesehatan, tetapi perlu ada sinergi semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga penyebaran penyakit ini dapat dicegah. Harapan kita, Kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Singkil dapat terbebas dari TBC," harapnya.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini