Polres Aceh Singkil Gelar Apel Pasukan Ketupat Seulawah 2023 -->s

Polres Aceh Singkil Gelar Apel Pasukan Ketupat Seulawah 2023

Monday, April 17, 2023, Monday, April 17, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL- Polres Aceh Singkil laksanakan apel gelar pasukan Ketupat Seulawah tahun 2023 pada Senin (17/4/2023) di halaman Mako polres setempat.

Kegiatan apel ketupat tersebut dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023.

Diketahui, gelar apel ketupat ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dalam Apel bersama itu diikuti oleh TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, BPBD, FKPPI dan Pramuka, yang dimana Wakapolres Aceh Singkil Kompol Hari Purnomo,SH.MH bertindak sebagai Inspektur Apel.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, M. Si. melalui inspektur apel Wakapolres Aceh Singkil Kompol Hari Purnomo, S.H., M.H. menyampaikan apel operasi Ketupat 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia.

"Operasi ketupat yang di gelar ini akan berlangsung selama 14 hari, Dimulai dari 18 April hingga 1 Mei 2023," ujar Wakapolres Aceh Singkil.

Sementara untuk pelaksanaan operasi ketupat ini melibatkan sebanyak 148.261 personel pengamanan gabungan yang terdiri TNI-Polri, Kementrian terkait, BNPB, BMKG dan Basarnas.

Kemudian turut melibatkan pihak Pertamina, Jasa Raharja, jasa Marga, Satpol-PP, dinas perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra Kamtibmas lainnya.

Kepada seluruh personel harus mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk operasi Ketupat 2023. "Harapan saya dengan ada operasi Ketupat ini akan membuat seluruh rangkaian pengamanan libur lebaran bisa lancar dan aman," kata Wakapolres Aceh Singkil saat membacakan amanat Kapolri.

Adapun yang menjadi target sasaran dari operasi ketupat 2023 ini yakni ketersedian bahan makanan pokok yang terus dipantau, pelarangan penggunaan petasan dan pantauan arus mudik dengan cara mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dengan melakukan patroli, razia, dan penegakkan hukum.

Selanjutnya, untuk Lalulintas menjadi kegiatan utama terkait dengan rekayasa Lalulintas guna untuk menghindari kemacetan. Lalu kegiatan Patroli guna untuk menegakkan hukum terhadap potensi kriminalitas dengan besinergi terhadap stekholder terkait.

Terkait dengan kegiatan tersebut Polri mendirikan 2.787 posko di seluruh Indonesia,yang terdiri dari posko pengamanan, posko pelayanan dan posko terpadu.

1.857 pos pengamanan untuk mengamankan titik-titik yang menjadi kegiatan masyarakat mulai dari pusat pembelanjaan dan wisata di seluruh indonesia. kemudian, 713 pos yang disiapkan pada jalur mudik dan jalur arus balik dan 217 pos terpadu bertujuan untuk melaksakanan secara terpadu mulai dari lokasi Pelabuhan,Terminal, jalan Tol,Bandara dan tempat-tempat yang dianggap diperlukan penanganan bersama di seluruh Indonesia. 

Wakapolres juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Singkil dan Para Wisatawan Yang berasal dari Aceh Singkil maupun dari luar agar tetap hati-hati dan terus waspada dalam melaksanakan Mudik lebaran ini, apabila kelelahan dalam menyetir silahkan singgah di pos yang telah di sediakan di Aceh Singkil ini Guna menghindari terjadi nya Laka Lantas. (JML/RED)

TerPopuler