-->

Ramadhan di Aceh Singkil, Yayasan Pendidikan Islam Al-Hafidz Rizqullah Gelar Pesantren Kilat

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Yayasan Pendidikan Islam Dayah Terpadu Al-Hafidz Rizqullah yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dhien No.288 Kampung Danau Bungara Kecamatan kota Baharu Kabupaten Aceh Singkil menggelar pesantren kilat, Jumat 24 Maret 2023 atau hari ke 2 Ramadhan.

Pesantren kilat ini dibuka secara resmi oleh Camat Kota Baharu Sumadi,SIP,M.SI yang dihadiri diantaranya Pimpinan Dayah Terpadu Al-Hafidz Rizqullah Tengku Muda Hambalisyah Sinaga,M.Pd, serta siswa dan siswi jenjang sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan Anak-anak yang putus sekolah.

"Rencananya kegiatan pengajian rutin dilakukan secara bergilir dari Masjid ke Masjid yang ada di Kecamatan Kota Baharu," kata Pimpinan Dayah Terpadu Al-Hafidz Rizqullah, Tengku Muda Hambalisyah Sinaga,M.Pd dalam keterangan tertulisnya kepada Singkilterkini.net, Jumat (24/3).

Menurut Hambali, dalam Pesantren kilat ini ikut dibahas berkenaan dengan Kajian Kitab Fiqih, Nahu, sharaf, Tafsir, Hadist, Tarikh, Tauhid, dan Kitab Akhlaq. lalu ada, Tahsin Al-Qur’an, Tahfidz Al-qur’an, Tadarrus Al-Qur’an, Tahajjud dan Ibadah malam.

"Dalam kegiatan ini juga ikut dibahas berkenaan dengan Cerdas Memanfaatkan Media Sosial, Kepemimpinan, Bahasa Arab dan Inggris; dan Kuliah Subuh. Kemudian ada juga Tarawih Bersama, Buka Puasa Bersama, dan Sahur bersama," ungkap Hambali.

Adapun untuk kegiatan rutin yang dilaksanakan di Masjid Besar Al-Huda Kecamatan Kota Baharu, sambungnya, meliputi kegiatan Kultum Setiap Ba’da Shalat Isya Sebelum Tarawih setiap malam ramadhan, Tadarrus dan Tahsin Al-Qur’an Setiap Malam Ramadhan, Jam 11.30 setiap Hari di Bulan Ramadhan QADA Shalat 5 Waktu yang tertinggal, Jam 12.00 Wib setiap hari Belajar Pardhu “ain melalui Kitab Fiqih Al-Bajuri yang langsung Tanya Jawab kepada Jama’ah. lalu, pada setiap Jum’at Pukul 04.00 dini Hari selesai Sahur dilakukan Shalat Tasbih berjamaah.

"Selama ini kami melihat selama bulan Ramadhan kegiatan dari anak-anak lebih banyak bermain-main kesana kemari. lebih banyak bermain Hp dan lainnya, maka kami menginginkan selama bulan Ramadhan ini para Generasi anak-anak yang ada di Kecamatan Kota Baharu bisa terdidik dan di arahkan kepada yang lebih positif, begitu juga pada Ramadhan Tahun ini," terang Hambali.

Dijelaskan Hambali, kegiatan Ceramah dan Belajar Kampung akan lebih ditingkatkan langsung dan di Bimbing Oleh para Ustadz dan Uztadzah yang berasal dari Pesantren yang ada di Aceh Ini, diantara nya dari Pesantren Mudi Mesra Samalanga, Pesantren Darussalam Labuhan Haji, Pesantren Darul Muta’allimin Tanah Merah dan Pesantren Al-Hafidz Rizqullah.

"Semoga kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah,Kecamatan dan Kampung untuk tahun yang akan datang bisa menganggarkan membantu melalui APBK dan APBKam seluruh Kabupaten Aceh Singkil," harap Hambali yang menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Dayah Aceh Singkil.

Dalam keterangannya, Hambali juga mengucapkan Terima Kasih dari Dayah Mudi Mesra yang telah mengutus Da’i Muda sebanyak 31 Orang Tahun 2023 ini Ke Kabupaten Aceh Singkil yang di sebar Setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh singkil. "Semoga kedepannya lebih banyak lagi, dan Kehadiran dari Da’i Muda NIDA sangat di Respon Positif oleh Masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh singkil," ungkapnya.

Sebelumnya,Camat Kota Baharu Sumadi,SIP,M.SI dalam arahannya mengajak kepada para peserta untuk menjadi manusia mulia dan terhormat karena ilmu, dan ilmu di dapat lewat belajar. "Maka Rajin dan Gigih lah untuk Belajar," pesannya. (jamal/Red)



Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini