-->

Babinsa Ajak Warga Manfaatkan Limbah Pelepah Sawit

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL – Babinsa Koramil 0109-04/Simpang Kanan Serka Ranto mengajak warganya untuk memanfaatkan limbah pelepah batang sawit untuk dijadika sapu lidi yang bernilai ekonomis di Desa Lae Riman, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (11/02/2023).

Pelepah sawit merupakan salah satu limbah perkebunan yang dapat di olah sehingga menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomis. Salah satu pengelolaan pelepah sawit ini yaitu menjadi sapu lidi dan pupuk organik.

Di Desa Lae Riman, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil terdapat potensi pertanian yang harus dikelola sehingga bisa bermanfaat, dan potensi tersebut adalah limbah pelepah sawit. Limbah pelepah sawit ini terus menumpuk seiring jumlah konsumsi masyarakat dan penanaman kelapa sawit di Desa Lae Riman, karena pelepah sawit yang fungsinya hanya sebagai pelepah yang biasanya di buang oleh pemilik.

Saat ini, tumpukan pelepah tersebut menjadikan satu jalur diantara pohon sawit menjadi gawangan mati. Tumpukan pelepah tersbut sangat menggangu dalam penerapan alat mekanisasi pertanian diperkebuan sawit.

Hal ini yang membuat Babinsa Koramil 0109-04/Simpang Kanan Serka Ranto mengajak warga binaan untuk memanfaatkan pelepah batang sawit untuk di jadikan pupuk organik dan lidi yang merupakan salah satu bahan untuk membuat sapu, hal tersebut sebagai bentuk upaya dan memberikan solusi kepada warga Desa Laeriman dan kegiatan yang dilakukan Babinsa merupakan suatu bentuk kepedulian TNI untuk membantu masyarakat.

"Babinsa juga ikut serta guna memberikan motivasi dan semangat kepada warga sehingga nantinya dengan cara ini dapat sedikit menambah pendapatan," ucap Babinsa.

Babinsa juga mengajak masyarakat untuk melihat bahwa limbah pelepah sawit ini tidak selalu menjadi masalah, apabila dikelola secara tepat, maka bisa menjadi berkah seperti halnya menjadi Pupuk Organik dan sapu lidi yang bernilai ekonomis.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini