-->

Pj Bupati Aceh Singkil Teteskan Vaksin Polio ke Pelajar SD

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, meneteskan vaksin polio ke mulut siswa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Simpang Kanan. 

Pemberian vaksin secara simbolis itu dilakukan Marthunis pada saat menghadiri Kick-Off Imunisasi Polio Tetes Mulut/Outbreak Response Immunization (ORI) Tingkat Kabupaten Aceh Singkil yang digelar di SDN Tuhtuhan, Kecamatan Simpang Kanan, Senin (12/12/2022). 

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Aceh Singkil, Anggota DPRK Aceh Singkil Daerah Pemilihan Kecamatan Simpang Kanan dan Danau Paris, serta Ketua TP-PKK Aceh Singkil. 

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Muspika Simpang Kanan, Imum Mukim, Geuchik/Kepala Kampong, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah PAUD/TK, SD/MIN/MIS dalam wilayah kerja puskesmas Kota Tinggi, serta sejumlah pejabat terkait. 

Pencanangan itu ditandai dengan pemberian vaksin polio ke anak-anak SD. Masing-masing siswa mendapatkan dua tetes vaksin. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, H Subarsono menyampaikan bahwa sasaran Sub PIN Polio di Kabupaten Aceh Singkil sebanyak 31.887 jiwa yang terdiri dari anak usia 0 – <7 tahun sebanyak 14.451 jiwa dan anak usia >7 – <13 tahun sebanyak 17.436 tanpa memandang status imunisasi dengan memberikan dua tetes polio. 

Ia juga menjelaskan terkait jadwal pelaksanan sekaligus informasi tentang jumlah pos yang tersedia untuk mendukung suksesnya Sub PIN Polio Kabupaten Aceh Singkil ini. 

Dijelaskannya, bahwa pencanangan pelaksanaan Sub PIN Polio Kabupaten Aceh Singkil dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2022 di SD Tuhtuhan Wilayah Kerja Puskesmas Kuta Tinggi Kecamatan Simpang Kanan dan diikuti oleh 12 Puskesmas yang ada di Kabupaten Aceh Singkil dan putaran pertama dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 19 Desember 2022, dan dilanjutkan dengan 5 hari sweeping. 

"Untuk Putaran kedua dilaksanakan pada minggu ke 3 dan 4 bulan Januari tahun 2023 mendatang,” ujar Subarsono. 

Sedangkan, untuk jumlah Pos yang tersedia guna melayani imunisasi Sub PIN Polio, kata Subarssono, berjumlah 494 pos yang terdiri dari 198 Posyandu, 179 Pos TK/ PAUD, dan 117 Pos SD/MI. 

Sementara itu, Pj. Bupati Aceh Singkil Marthunis dalam sambutannya mengharapkan kepada semua komponen masyarakat dapat meyukseskan Sub PIN Polio di wilayah Kabupaten Aceh Singkil. 

Marthunis menyebutkan, bahwa ancaman Polio sudah menjadi nyata dengan ditemukannya kasus di Pidie. "Polio dapat melemahkan generasi Aceh Singkil. Untuk itu, Kita terus berusaha agar kasus Polio tidak ditemukan di Aceh Singkil sini," kata Marthunis. 

Untuk itu, Marthunis berharap peran serta semua pihak untuk bersama menjaga generasi dan masa depan dapat dilakukan dengan ikut serta mensukseskan gerakan imunisasi ini. 

"Media massa, tokoh masyarakat, tokoh agama, sekolah-sekolah  dan juga organisasi profesi harus ikut membantu menyebarluaskan informasi dan mensosialisasi kegiatan sub-pin ini kepada masyarakat luas," ujar Marthunis. 

Ia juga mengajak orang tua untuk segera membawa putra-putrinya ke Pos-pos terdekat untuk segera di imunisasi. 

“Kepada orang tua yang memiliki anak usia 0-12 tahun untuk segera membawa anaknya ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos imunisasi terdekat supaya mendapatkan imunisasi polio, dan saya pastikan anak-anak bapak/ibu akan dilayanai dengan baik oleh tenaga medis yang sudah ditunjuk,” jelasnya. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini