-->

Babinsa Hadiri Sosialisasi Pengenalan Obat Tradisional dan Makanan Yang Aman

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL – Babinsa Koramil 0109-06/Singkohor Koptu Selamat Romadoni acara sosialisasi pengenalan obat-obatan tradisional dan makanan yang aman di konsumsi kepada masyarakat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Aula Kantor Camat, Desa Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh, Singkil, Kamis (03/11/2022).

MKoptu Selamat Romadoni menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan penyadaran dan advokasi terhadap pola pikir masyarakat, dimana selama ini kebanyakan masyarakat menginginkan minum obat tradisional dengan hasil instan (langsung sembuh) dan kalau bisa satu macam obat tradisional dapat mengobati bermacam macam penyakit. Karena itulah, maka sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk memberikan pencerahan agar masyarakat tidak lagi bisa dibohongi oleh bunyi iklan obat obatan tradisional.

Akses jual beli melalui produsen yang langsung ke konsumen atau masyarakat saat ini sudah dipermudah. Oleh karena itu, masyarakat sebagai konsumen harus paham barang yang akan dibeli. Masyarakat harus dapat memastikan produk obat dan pangan yang digunakan aman dengan melihat apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM.

"Konsumen harus cek kemasan, label, cek izin edar dan kedaluwarsa. Jika semua terpenuhi baru boleh dikonsumsi dan beli. Masyarakat juga dapat mengecek nomor izin edar di google play hingga aplikasi BPOM terlebih dulu," terang Babinsa.

"Jangan sembarangan membeli makanan kemasan karena banyak makanan yang kadalaurasa," serunya.

Babinsa juga menyampaikan betapa bahayanya mengkonsumsi obat tradisional yang dicampur dengan Bahan Kimia.

"Karena itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar sekali lagi jangan sembarangan minum obat tradisional. Cek labelnya, nama produk, logo, nomor izin edar, tanggal kedaluwarsa, komposisi bahan, aturan pakai, jumlah/isi tiap wadah. Jamu merupakan obat alami asli warisan nenek moyang Indonesia yang harus di jaga kelestariannya," tandasnya.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini