-->

Babinsa berikan sosialisasi PMK ke peternak di Gosong Telaga Barat

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 0109-02/Singkil, Serda Otto Silaban memberikan sosialisasi kepada pemilik ternak untuk mengantisipasi Penularan PMK, di Desa Gosong Telaga Barat, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (25/11/2022).

Wabah PMK yang terdapat pada hewan kerbau dan Lembu/Sapi, gajah, rusa, kambing dan domba sangat rentan penularannya apabila hewan tersebut kontak langsung dengan hewan penderita (droplet, leleran hidung, atau serpihan kulit), selain itu, ada vaktor wabah terbawa oleh manusia, dan yang lebih membahayakan wabah tersebut dapat tertular oleh angin.

Kegiatan yang dilakukan secara door to door tersebut hanya memberikan sosialisasi yang bertujuan agar masyarakat lebih detail dalam memahami langkah antisipasi yang perlu dilakukan untuk menekan agar hewan ternak tidak terpapar PMK.

"Sesuai dengan instruksi pimpinan, kami bersama stakeholder terkait melaksanakan sosialisasi tentang PMK pada warga di wilayah binaan. Di sini kami menilai, door to door merupakan langkah paling tepat selain kami melakukan langkah upaya di luar dalam artian perawatan dan pemberian vitamin pada ternak warga," kata Serda Otto Silaban.

Ia juga menghimbau, agar warga tidak panik. Cukup koordinasi dan laporkan jika ada sapi atau hewan ternak yang terindikasi terjangkit.

"Apabila terdapat demam (pyrexia) hingga mencapai 41°C dan menggigil, mengalami anorexia (tidak nafsu makan). Kemudian penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah untuk 2-3 hari. Keluar air liur berlebihan (hipersativasi). Saliva terlihat menggantung, air liur berbusa di lantai kandang. Sampaikan pada kami, jangan sampai panik apalagi dijual murah," ungkap Babinsa.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengerti, perlunya pencegahan sejak dini daripada mengobati. Salah satunya dengan memberikan Vaksinasi pada hewan ternak.
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini