-->

Disporapar Pamekasan: Perlu Peran Masyarakat Untuk Jaga Potensi Yang Sudah Ada

REDAKSI

PAMEKASAN - Destinasi berwisata keberbagai daerah diindonesia tentunya mendapatkan hal yang menarik serta pengalaman yang baru jika berkunjung keberbagai tempat berbeda salah satunya dipamekasan madura jawa timur. Ada tiga destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara serta para masyarakat di daerah sekitarnya.

Tiga pariwisata itu meliputi, pantai jumiang yang berada di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu, ekowisata mangrove yang berada di Desa Lembung Kecamatan Galis, pantai talang siring di dusun Pacanan, Desa Montok Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. 

Destinasi pariwisata tersebut merupakan binaan dari dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kabupaten Pamekasan yang berbeda di Jl. Dharma No. 12 Pamakasan Madura.

Ketiga wisata itu perlu peran penting bagi (Pokdarwis) kelompok sadar wisata, masyarakat sekitar untuk lebih aktif menjaga tempat wisata yang dikelola. Karena tempat tersebut sering kali dijadikan tempat ajang perbuatan mesum oleh para wisatawan yang lemahnya pengawasan dari berbagai pihak.

Kepala Disporapar Pamekasan, Kusairi melalui kepala bidang pariwisata R. Mohammad Zahri mengatakan pihaknya sudah melakukan kordinasi serta sosialisasi kepada para Pokdarwis agar lebih intens untuk menjaga, merawat tempat wisata yang dikelolanya agar tempat tersebut tidak salah digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain dari peran pokdarwis juga diperlukan peran masyarakat sekitar untuk memberikan berupa teguran kepada oknum yang menyalah gunakan pontensi desa tersebut. 

Sementara untuk realisasi dari tiga destinasi wisata itu 28,98 persen dari tanget awal 90 persen ditahun 2022 untuk mencapai target tersebut pihaknya akan terus melakukan inovasi serta motivasi bagi pokdarwis untuk menarik minat wisatawan dengan keterbatasan agar yang disediakan oleh pemerintah daerah.

"Destinasi wisata dipamekasan banyak namun tidak semua tercaver oleh pemkab dikarena banyak yang dikelola secara pribadi, perlu peran serta dari masyarakat serta pemerintah desa yang memiliki pontesi pariwisata di desa untuk bisa bekerjasama dengan pemerintah dengan sistem bagi hasil nantinya disamping meningkatkan sumber pendapatan desa yang mempunyai pontensi itu, juga meningkatkan ekonomi kreatif dari masyarakat sekitar dari berbagai sektor yang dikelola," tambah Zahri.(idrus)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini