-->

PJ Bupati Aceh Singkil Diminta Lakukan Pemerataan Dokter di Puskesmas

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Dokter pada sejumlah Puskesmas di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh di kabarkan kosong diantaranya di UPTD Puskesmas Pulau Banyak Barat dan UPTD Puskesmas Suro.

Sementara di UPTD Puskesmas Singkohor, seorang dokter telah di tunjuk oleh Pj Bupati Aceh Singkil berdasarkan Surat Nomor: PEG.824.3/955/2022, Tentang Pindah Tugas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemkab Aceh Singkil, tertanggal 5 Agustus 2022 yang diteken Pj Bupati Aceh Singkil. 

Dalam surat tersebut dijelaskan "Terhitung mulai 08 Agustus 2022, Pegawai Negeri Sipil, Nama dr Afriliansyah, Jabatan Dokter Ahli Muda pada UPTD Puskesmas Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil dipindah - tugaskan ke UPTD Puskesmas Singkohor Kabupaten Aceh Singkil pada Jabatan Dokter Ahli Muda". 

Menanggapi kekosongan Dokter di sejumlah Puskesmas itu, Ketua DPD Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (Alamp Aksi) Kabupaten Aceh Singkil Jakirun Bancin meminta Pejabat Bupati Aceh Singkil, Marthunis, S.T.,D.E.A, segera mencari solusi prihal itu.

"Kita minta Pj Bupati Aceh Singkil agar segera menunjuk dokter untuk mengisi Puskesmas yang saat ini mengalami kekosongan tenaga dokter," ujar Jakirun, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, Puskesmas merupakan satu Instansi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat terkait berbagai hal. "Ada banyak jiwa di setiap daerah di Kecamatan yang membutuhkan pelayanan maksimal dari setiap Puskesmas," sebutnya.

Namun, lanjutnya, jika dokter saja kosong di Puskesmas, bagaimana pelayanan di Instansi itu bisa berjalan dengan maksimal.

"Terkait kekosongan Dokter di Puskesmas ini juga akan menjadi perhatian khusus buat kita, ini menyangkut hajat hidup orang banyak," tegasnya.

Jakirun juga mempertanyakan terkait banyaknya dokter yang saat ini bertugas di UPTD Puskesmas Gunung Meriah dan UPTD Puskesmas Singkil.

"Saya rasa, beberapa dokter dari dua puskesmas itu bisa dipindah tugaskan ke Puskesmas yang saat ini mengalami kekosongan. Karena, dokter di dua Puskesmas ini saya rasa sudah terlalu banyak," kata Jakirun.

Sementara itu, ungkap Jakirun, dari berbagai sumber yang diperoleh, dokter yang di tunjuk untuk di tempatkan pada UPTD Puskesmas Singkohor hingga Rabu 10 Agustus 2022 belum aktif bekerja pada Puskesmas lokasi penempatan.

"Kita juga ingatkan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil agar dokter yang bersangkutan dapat segera di panggil dan di ingatkan sesuai dengan regulasi terhadap ASN itu sendiri," tambahnya. (Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini