-->

Meriahkan HUT RI ke 77, TP-PKK Gunung Meriah Gelar Lomba Masak Kue Berbahan Tradisional

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Sebanyak 25 TP PKK Desa di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, Aceh mengikuti Lomba memasak kue Tingkat Kecamatan dengan bahan dasar lokal atau tradisional seperti ubi dan daun kelor. 

Lomba memasak kue dengan tema 'Membudayakan Makanan Tradisional Untuk Menolak Stunting' digelar dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022. 




Dengan berbahan dasar tradisional, peserta yang terdiri dari Tim Penggerak PPK Desa di Kecamatan Gunung Meriah ini membuat aneka ragam makanan daerah. 

Lomba masak kue berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (16/8/2022). 

Terlihat beragam makanan disajikan dengan menggunakan bahan dasar tradisional antaranya Bola-Bola Singkong Sultan, Bolu Singkong Gemoy Coklat, Bubur Singkong Kelor, Jus Kelor Cinta, dan Dodol Singkong Legit. 

Kemudian ada juga Singkong Gulung Wijen, Simanis Singkong Keju, Getuk Sulta, Es Agar-Agar Daun Kelor, Kroket Ubi Isi Sayur, dan Minuman Jahe Merah Kelor, serta masih banyak menu yang lain.




Ketua TP-PKK Kecamatan Gunung Meriah, Yusra Abdul Hanan mengatakan lomba masak kue berbahan dasar tradisional ini digelar dalam rangka memeriahkan dan menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022. 

Disamping itu, lomba ini
bertujuan untuk memberikan pesan bahwa membuat makanan yang beragam, dengan gizi yang seimbang tidak harus dengan bahan yang mahal karena cukup dengan bahan dari kearifan lokal. 

Potensi ini bisa terus dikembangkan agar Kecamatan Gunung Meriah terbebas dari stunting. 

"Kreativitas ini juga bisa terus dikembangkan karena bisa bernilai ekonomis ke depannya," ujarnya.




Yusra bersyukur warga di Kecamatan Gunung Meriah mempunyai potensi luar biasa dalam hal kuliner. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah mengikuti lomba masak kue dengan menggunakan bahan baku tradisional. 

"Kepada seluruh peserta, terus gali dan tingkatkan potensi yang ada. Jadi jangan berhenti belajar dan teruslah berkarya," pesannya.



Sementara itu, Camat Gunung Meriah Abdul Hanan menyampaikan dukungan serta apresiasi kepada TP PKK atas pelaksanaan lomba masak kue menggunakan bahan baku lokal atau tradisional seperti ubi dan daun kelor. 

Kegiatan ini, kata Abdul Hanan merupakan kegiatan TP PKK Gunung Meriah yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022. 

"Kita hanya ikut memberikan masukkan, membantu dan mendorong agar TP PKK Kecamatan Gunung Meriah sukses dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya," ujar Hanan sapaan akrabnya. 

Inti dari kegiatan ini, kata Hanan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan bagi ibu TP PKK Desa dalam mengolah makanan dan minuman dengan menggunakan bahan baku lokal atau bahan baku tradisional.



Kemudian, kata Hanan, melalui kegiatan ini diharapkan TP PKK Desa dapat menjadikan makanan tersebut sebagai makanan penambah gizi anak-anak, balita dan ibu hamil dalam rangka penurunan Stunting. 

Abdul Hanan menjelaskan berdasarkan data yang ada bahwa jumlah keseluruhan sasaran balita di Gunung Meriah berjumlah 3500 balita. 

Sedangkan jumlah stunting sebanyak 354 balita dan jumlah Wasting sebanyak 123 balita. Sementara persentase partisipasi yang datang ke posyandu sebanyak 52 persen. 

Melihat partisipasi yang minim ini menjadi PR dan tantangan bersama dalam menyukseskan Gunung Meriah bebas stunting. Permasalahan Stunting ini, kata Hanan, harus menjadi fokus untuk ditangani di masing-masing desa. 

"Semoga dengan adanya pemahaman tentang tata cara pengelolaan makanan dan minuman yang diberikan kepada ibu-ibu TP PKK Desa dibawah bimbingan TP PKK Kecamatan serta berkolaborasi dengan Puskesmas Gunung Meriah dapat menurunkan angka stunting di wilayah kecamatan Gunung Meriah," harapnya. 

"Bagi Kepala Desa selalu pemangku wewenang ditingkat Desa untuk dapat menganggarkan Dana Desa Tahun 2023 untuk program penurunan stunting, " tambahnya. 

Dalam lomba itu, TP PKK Desa Sianjo-anjo Meriah menjadi juara harapan III, juara harapan II diraih TP PKK Desa Sanggaberu Silulusan, juara harapan I diraih TP PKK Desa Tulaan. 

Adapun juara III diraih oleh TP PKK Desa Rimo, juara II diraih TP PKK Desa Blok VI Baru, dan juara I diraih TP PKK Desa Sidorejo. 

Bertindak selaku dewan juri pada lomba memasak kue kali ini melibatkan dari Puskesmas Gunung Meriah, Pemerintah Kecamatan Gunung Meriah, TP PKK Gunung Meriah dan Bhayangkari. 

Hadir dalam kesempatan itu, Danramil 03/Gunung Meriah Kapten Inf Asfimal, Kapolsek Gunung Meriah AKP Syahril (Diwakili), Kepala UPTD Puskesmas Gunung Meriah Yuliana, para Kepala Desa dan jajaran terkait. (Jamal)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini