-->

Melalui Komsos, Babinsa Himbau Nelayan Waspada Cuaca Buruk Saat Melaut

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL – Dalam pekan terakhir di wilayah Kabupaten Aceh Singkil mengalami perubahan cuaca yang tidak menentu khususnya di wilayah perairan. Untuk itu, Babinsa Koramil 02/Singkil Kodim 0109/Aceh Singkil Koptu Suwarno melaksanakan komsos dan himbauan agar lebih waspada saat hendak melaut kepada para nelayan di Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (12/07/2022).

Komsos merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang diterapkan Babinsa guna mencapai tugas pokok dalam pemberdayaan wilayah pertahanan, bersama seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan. Hal ini menunjukkan kedekatannya dengan masyarakat dalam menjaga wilayah teritorialnya agar tetap aman dan kondusif, serta cerminan dari kepedulian sebagai seorang aparat Komando Kewilayaan kepada masyarakat.

Himbauan langsung diberikan oleh Babinsa Koramil 02/Singkil Koptu Suwarno kepada para nelayan setempat yang akan melaut untuk mencari ikan. Babinsa mengatakan nelayan diminta mewaspadai cuaca ekstrem dan menunda aktivitas melaut, mengingat tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah tersebut beberapa hari terakhir, potensi hujan masih akan tinggi di wilayah Ketapang dalam beberapa hari ke depan dan berdampak gelombang tinggi.

"Saya menghimbau supaya nelayan terus memperhatikan pemberitaan tentang perkiraan cuaca, melihat saat ini kondisi cuaca sering berubah-ubah khususnya di wilayah perairan Aceh Singkil," ucap Koptu Suwarno.

Lebih Lanjut, Mayoritas profesi dari warga pesisir Desa Gosong Telaga Selatan merupakan nelayan yang mencari ikan di lautan lepas. Penting untuk mereka mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menjaga keselamatan diri saat berada dilaut. Keselamatan penumpang dan awak kapal merupakan prioritas utama dalam berlayar dilaut.

"Utamakanlah keselamatan dengan melengkapi alat-alat keselamatan yang dibawa selama melaut," pesan Babinsa.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini