-->

Babinsa Koramil Simpang Kanan Lakukan Pengamatan Hama Tanaman Jagung

REDAKSI

SINGKILTERKINI. NET, ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Kodim 0109/Aceh Singkil Sertu Tigor A terus melakukan pendampingan ketahan pangan di wilayah Desa binaannya bersama petani melakukan pengamatan hama tanaman jagung milik pak Manik (45) dari kelompok tani Kasturi Desa Lae Gecih, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (11/06/2022).

Kegiatan pengamatan hama ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hama atau penyakait tanaman yang menyerang. Bila sejak awal sudah diketahui jenis hama atau penyakit yang menyerang maupun luas kerusakan yang di akibatkan, maka dengan segera ditangani.

Menurut Sertu Tigor. A hama yang menyerang tanam jagung biasanya ulat grayak, belalang, kumbang bubuk, lalat bibit, penggerek tongkol, penggerek batang,dan kutu daun yang berakibat menurunnya hasil panen.

"Selain hama tersebut, biasanya tanam jagung diserang bulai diatandai dengan adanya daun yg berwarna kuning keputihan-putihan. Tanaman jagung yang terkena bulainakan mengalami gangguan pertumbuhan, tanaman akan kerdil dan tidak akan berubah," terang Sertu Tigor. A.

Lebih lanjut, hama atau penyakit tersebut dapat berpotensi menurunkan hasil panen bahkan bila dalam skala luas dan tidak tertangani bisa menggagalkan panen.

"Untuk mengurangi resiko tersebut maka kami Babinsa terjun langsung kelapangan bersama petani melakukan pengamatan hama secara berkala. Selain itu para petani atau kelompok tani harus sering konsultasi dengan PPL agar diperoleh informasi cara budidaya jagung dan pengendalian hama yang tepat sehingga produksi jagung meningkat," imbuh Sertu Tigor. A.

"Sesuai hasil pengamatan kali ini dilahan seluas 0,7 hektar milik pak Manik yang ditanami jenis jagung hibrida, tidak terdapat adanya hama dan penyakit tanam jagung yang menyerang, mudah-mudahan kondisi ini bisa bertahan hingga masa panen tiba," pungkas Babinsa.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini