-->

Bupati Aceh Singkil Resmikan Puskesmas Singkohor dan Puskesmas Kuta Tinggi

REDAKSI



SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid resmikan gedung baru Puskesmas Singkohor dan Puskesmas Kuta Tinggi secara simbolis, pada Jumat 25 Maret 2022. 


Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan dilanjutkan dengan penguntingan pita oleh Bupati Aceh Singkil dipusatkan di Puskesmas Singkohor, Desa Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil.

Turut hadir diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, H. Subarsono, Muspika Singkohor dan puluhan tamu undangan lainnya. Dalam kegiatan tersebut ikut menerapkan protokol kesehatan.

"Kita patut bersyukur karena harapan kita semua untuk terus dapat memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna, prima dan tetap dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat didaerah ini dapat terwujud dengan baik," kata Bupati Aceh Singkil dalam mengawali kata sambutannya.

Menurutnya, pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.




Sejalan dengan itu sebagaimana amanat peraturan menteri kesehatan republik Indonesia nomor 75 tahun 2014, dimana Puskesmas harus didirikan pada setiap kecamatan dan memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, kefarmasian dan laboratorium.

Dalam kaitan itu, kata Bupati, kebutuhan akan sarana kesehatan yang refrensentatif menjadi indikator yang sangat penting dan mendasar untuk diwujudkan bersama sebagai penunjang pelayanan pembangunan kesehatan.

Olehnya itu, pembangunan Puskesmas Singkohor dan Puskesmas Kuta Tinggi yang berdiri kokoh dan representatif ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan senantiasa menjaga dan memelihara sarana dan prasarana dengan sebaik-baiknya.




Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga kedisiplinan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam sambutannya Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus terhadap kinerja seluruh SDM kesehatan di Aceh Singkil, atas kerja keras, perjuangan dan pengabdian yang begitu besar dan luar biasa dari seluruh tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam urusan kesehatan masyarakat di daerah ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil H Subarsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilakukan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Subarsono menjelaskan pembangunan gedung Puskesmas ini merupakan realisasi dari program pemerintah daerah Aceh Singkil dalam upaya meningkatkan derajat masyarakat.




Dengan tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai, sambungnya, merupakan salah satu faktor penunjang bagi paramedis dengan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat luas.

Sesuai dengan fungsinya, Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya.

"Saya optimis bahwa pembangunan Puskesmas ini merupakan suatu ikhtiar yang mendapatkan sambutan dari masyarakat. Saya berpesan kepada para tenaga medis yang bertugas di Puskesmas agar dapat mengutamakan kepentingan kesehatan dan keselamatan diri dalam bekerja," ujarnya. (Jamal/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini