-->

Danramil Danau Paris Hadiri Sosialisasi Keanekaragaman Hayati di Areal Hutan

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL – Komandan Koramil (Danramil) 07/Danau Paris Kodim 0109/Aceh Singkil Lettu M. Jamin menghadiri sosialisasi keanekaragaman hayati di areal hutan Desa dan hutan kemasyarakatan yang ada di Desa Situbuh-tubuh dan Desa Biskang.

Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Rabu (15/12/2021).

Keanekaragaman hayati merupakan aset bagi pembangunan nasional dan daerah sehingga diperlukan pengelolaan secara terpadu, baik antar sektor maupun antar tingkat pemerintahan.

Tujuan konservasi keanekaragaman hayati diantaranya menjaga kelestarian fungsi dan keberadaan keanekaragaman hayati agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan bagi kesejahteraan manusia, menjamin ketersediaan keanekaragaman hayati baik jumlah dan kualitasnya agar dapat dimanfaatkan oleh semua yang membutuhkannya secara berkelanjutan.

Beberapa faktor yang mengancam kelestarian ekosistem adalah perubahan dan alih fungsi lahan, pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berwawasan lingkungan, misalnya kegiatan penambangan, penebangan hutan, perburuan satwa, pencemaran lingkungan akibat kegiatan atau aktivitas manusia dan introduksi jenis asing dan perubahan iklim.

Untuk itu diperlukan Upaya perlindungan dan pelestarian diantaranya semua pembangunan harus sesuai dengan tata ruang, kegiatan yang berdampak terhadap lingkungan harus disertai dengan dokumen lingkungan, konservasi daerah kawasan lindung dan pengembangan dan rehabilitasi lahan.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 07/Danau Paris Lettu Inf M. Jamin menyampaikan, bahwa perlu pengawasan dan pemantauan secara rutin agar kekayaan alam yang ada di Kecamatan Danau Paris tetap terjaga kelestariannya.

"Bahwa kegiatan pembangunan atau pemanfaatan sumber daya alam berpotensi mengakibatkan kerusakan dan mengancam kelestarian keanekaragaman hayati, maka dari itu diperlukan pengawasan dan pemantauan yang berkesinambungan agar tetap terjaga kelestariannya," ungkap Lettu Inf M. Jamin.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini