-->

Program Kemitraan, PT Socfindo Lae Butar Bangun Jalan dan Parit di Lahan Kelompok Tani Tunas Muda

REDAKSI



SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - PT Socfindo Kebun Lae Butar membangun jalan dan saluran air di lahan kemitraan Kelompok Tani Tunas Muda, Desa Kuta Kerangan, Kecamatan Simpang kanan, Kabupaten Aceh Singkil.

Hal ini dilakukan guna memperluas daya jangkau distribusi hasil perkebunan serta meningkatkan pendapatan para petani di Desa Kuta Kutakerangan.

Pembangunan jalan baru dan saluran air ini sendiri merupakan akses infrastruktur perkebunan yang dibangun untuk meningkatkan produktivitas perkebunan warga.

"Kegiatan yang dikerjakan adalah pembangunan jalan akses panen sepanjang 600 meter, dan pembuatan saluran air (Parit) sepanjang 450 meter. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan Exavator," kata Pengurus PT Socfindo Kebun Lae Butar, Hugo Napitupulu yang ikut didampingi Askep Satria Winata dan Asisten Divisi I Samuel Sihombing kepada Singkilterkini.net, Selasa (30/11/2021) di Aceh Singkil.



Pembangunan Jalan dan Saluran Air ini, sambungnya, termasuk salah satu program Kemitraan PT Socfindo Kebun Lae Butar dengan Kelompok Tani Tunas Muda Desa Kuta Kerangan.

Semoga, harapnya, melalui program kemitraan ini dapat meningkatkan hasil produksi petani sawit yang secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan, dan juga pokok sawit yang sering terendam banjir kembali sehat dan hijau daunnya. 

Selain pembangunan jalan dan saluran air, tambah Hugo, PT Socfindo Kebun Lae Butar juga memberikan pelatihan Best Management Practice (BMP) berupa pelatihan teori dan praktik pengelolaan kebun kelapa sawit kepada anggota Kelompok Tani Tunas Muda.

Ucapan Terimakasih



Ketua Kelompok Tani Tunas Muda, Nungsi Berutu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan PT. Socfindo Kebun Lae Butar atas bantuan pembangunan jalan dan saluran air di Lahan Kelompok Tani Tunas Muda.

Menurut Nungsi, program Kemitraan PT Socfindo Kebun Lae Butar sangat bermanfaat bagi petani khususnya petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tunas Muda Desa Kuta Kerangan.

"Akses untuk panen selama ini belum ada, sekarang sudah ada dan sangat membantu bagi anggota kelompok tani Tunas Muda untuk mengeluarkan hasil panen," ujar Nungsi.

Selain itu, tambahnya, area lahan yang sebelumnya sering terendam banjir terutama di musim penghujan, sekarang juga sudah tidak terendam banjir lagi. 

Sementara itu, Pj Kepala Desa Kuta Kerangan Ganda Kesuma Tumangger menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas program kemitraan PT Socfindo Kebun Lae Butar yang juga dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kuta Kerangan. (Jml/Red)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini