-->

Camat Singkohor Launching Posyandu Remaja

REDAKSI



SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Camat Singkohor Riky Yodiska membuka sosialisasi sekaligus Lounching Posyandu Remaja Kampung Lae Pinang, Singkohor dan Mukti Jaya yang digelar di Aula Kantor Camat Singkohor Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (4/11/2021). 

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Kegiatan launching dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembukaan acara sosialisasi dan Lounching Posyandu Remaja yang ditandai dengan penguntingan pita oleh Camat Singkohor Riky Yodiska bersama dengan Ketua PKK Kecamatan Singkohor, Ny. Ery Rakhmawati, SE.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan acara sosialisasi yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil dan Puskesmas Singkohor. 

Dalam sambutannya, Camat Singkohor Riky Yodiska mengatakan Posyandu Remaja baru diterapkan di 3 Desa dari 6 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Singkohor. 

"Atas nama Pemerintah Kecamatan Singkohor menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil melalui Pj Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) UPTD Puskesmas Singkohor yaitu ibu Ratna Sitta Zakiyah, SKM yang telah menginisiasi dan mempersiapan segala sesuatunya, sehingga kegiatan Sosialisasi dan Lounching Posyandu Remaja ini dapat berjalan dengan baik," ujar Riky. 




Sejauh ini ungkapnya, Posyandu yang sudah berjalan di 6 Desa dalam Kecamatan Singkohor meliputi Posyandu Balita dan Orang Tua/Lansia. 

Sehingga, kata Riky, dengan terbentuknya Posyandu Remaja sudah konflit dari segala kelompok usia, dan kedepannya perkembangan kesehatan masyarakat juga dapat terpantau. 

Riky berharap agar program Posyandu Remaja yang sudah terbentuk khusus untuk Desa Lae Pinang, Singkohor dan Mukti Jaya ini bukan hanya sekedar kegiatan Seromonial atau diam tidak bergerak, akan tetapi sebaliknya. 

"Kami tidak ingin Posyandu Remaja yang terbentuk ini  vakum, apalagi dalam  kesempatan ini juga ikut diliput oleh Insan Pers," tegasnya. 

Dalam kesempatan itu, Camat Singkohor juga berharap agar pihak yang terkait untuk saling bersinergi dengan ikut membangun komunikasi yang baik. 

Riky juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kampung Lae Pinang, Singkohor dan Kampung Mukti Jaya sudah sepakat untuk menganggarkan insentif bagi Kader Posyandu Remaja dan untuk kegiatan pendukung lainnya dalam menyukseskan posyandu remaja melalui Anggaran Pendapatan Belanja Kampung Tahun 2022. 

"Intinya, untuk Posyandu Remaja yang sudah terbentuk baru di 3 Kampung, semoga kedepannya di 3 Kampung lainnya juga bisa terbentuk Posyandu Remaja," jelas dan Harapnya. 

Riky juga berharap agar Dinas Kesehatan Aceh Singkil untuk ikut membangun Komunikasi dengan DPMK Aceh Singkil agar Pemerintah Kampung tidak ada kendala pada saat mengajukan anggaran untuk biaya kebutuhan Posyandu Remaja.




Dalam kesempatan yang sama, Riky Yodiska ikut menjelaskan tujuan dari Posyandu Remaja ini. 

Posyandu Remaja, kata Riky, merupakan kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan bagi remaja. 

Ia menyebut, kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental, dengan tujuan untuk membantu perkembangan remaja. 

Ia menjelaskan bahwa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. 

Untuk itu masa remaja sering disebut masa terlabil. Dimana mereka sedang berusaha mencari jati diri. 

Saat memasuki remaja, seorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga, sehingga masa remaja rentan dengan berbagai permasalah mulai dari diri sendiri, keluarga hingga permasalahan dengan perkembangan zaman. 

Oleh karena itu, kata dia, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. 

"Selain sebagai wadah pembinaan, hadirnya Posyadu Remaja merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah dan Kampung dalam mewujudkan generasi emas," ujar Riky. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil diwakili oleh Haryono, Danramil 0109-06/Singkohor Kapten Inf L Simamora, Kapolsek Singkohor diwakili Anggota, Kepala Puskesmas Singkohor, Kepala Desa Lae Pinang, Singkohor, Mukti Jaya, Pea Jambu, dan Para Peserta Sosialisasi. (Jml/AF)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini