-->

Jembatan Handel di Gunung Meriah Rusak Parah, Kemana Bupati?

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL -- Warga Kecamatan Gunung Meriah, Singkohor dan Kecamatan Kuta Baharu Kabupaten Aceh Singkil mengharapkan perhatian Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid untuk perbaikan Jembatan Handel yang rusak parah.

Adi Sahputra, salah seorang pengendara roda dua menyebutkan Jembatan Handel di Desa Rimo termasuk salah satu sarana transportasi bagi warga Kecamatan Gunung Meriah, Singkohor dan kecamatan Kuta Baharu.

Sayangnya, kata Adi, kondisi jembatan handel saat ini sudah sangat mengancam keselamatan warga terutama para pengendara roda dua. Karena, jembatan handel sudah mengalami kerusakan yang cukup parah terutama pada bagian lantai, bahkan ada yang sudah terlepas.

Akibat kerusakan tersebut, kata Adi, risiko besar tentunya sudah menanti warga terutama para pengendara roda dua dan/atau jika mereka tidak ekstra hati-hati pada saat melintas dikhawatirkan akan terjatuh ke Sungai Lae Cinandang yang berarus deras.

Kendatipun jembatan handel mengalami kerusakan, sambungnya, pemerintah daerah Kabupaten Aceh Singkil yang saat ini dinahkodai oleh pasangan Dulmusrid dan Sazali (Dulsaza), hingga Sabtu 21 Agustus 2021, sore, belum terlihat adanya upaya untuk melakukan perbaikan dan/atau upaya pencegahan atau sebutan lain.

Oleh sebab  itu, Adi yang juga merupakan warga Kecamatan Singkohor mengharapkan pemerintah daerah Kabupaten Aceh Singkil dapat memberikan perhatian serius untuk perbaikan jembatan handel di Desa Rimo sebelum ada warga yang menjadi korban.

"Kepada Bupati Aceh Singkil agar lebih serius untuk memperbaiki kerusakan jembatan Handel di desa Rimo, jangan menunggu ada warga yang menjadi korban, karena jembatan itu merupakan sarana transportasi vital bagi warga," tegas Adi Sahputra yang juga merupakan salah seorang anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI).

Kepala Kampung Rimo, Mirwansyah Manik yang dihubungi Sabtu (21/8/2021), pagi membenarkan kondisi lantai jembatan Handel di Desa Rimo rusak parah dan sudah mengancam keselamatan warga (para pengendara).

Menurutnya, jembatan handel merupakan sarana vital bagi warga Kecamatan Gunung Meriah, Singkohor dan Kecamatan Kuta Baharu.

"Kami berharap semoga kerusakan jembatan handel ini dapat segera dilakukan perbaikan oleh pemkab Aceh Singkil," harapnya.

Sementara itu, Camat Gunung Meriah Abdul Hanan menyebutkan kerusakan jembatan handel di Desa Rimo sudah disampaikan melalui surat ke Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil.

Abdul Hanan juga menjelaskan bahwa surat tersebut atau tembusannya juga ikut disampaikan kebeberapa SKPK yang secara teknis menjadi tanggung jawab mereka untuk turun ke lokasi dan menindaklanjuti untuk di sampaikan segera ke Bupati Aceh Singkil.

Surat tersebut, tambahnya, juga ikut dikirim kebeberapa Perusahaan perkebunan yang melintasi kenderaan mereka untuk dapat memikirkan terhadap kondisi badan jalan Jembatan Handel.

"Intinya, berkenaan dengan kerusakan Jembatan Handel ini, sudah kita sampaikan baik ke Pemda Aceh Singkil maupun ke pihak terkait lainnya melalui via surat yang kita kirim pada 12 Juli 2021," ujar Abdul Hanan saat dimintai tanggapannya melalu Via WhatsApp, Sabtu (21/8/2021).

Terpisah, Sekdakab Aceh Singkil Drs Azmi saat saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Sabtu (21/8/2021) mengatakan berkenaan dengan kerusakan jembatan handel di desa Rimo segera disampaikan kepada pimpinan.

"Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, kami segera menyampaikan kepada pimpinan agar memerintahkan PUPR segera menangaini kerusakan itu, sehingga masyarakat dapat melintas diatas Jembatan Handel dengan nyaman," ujar Azmi. (Red/Jml)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini