-->

Pembuatan Papan Mal Jembatan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0109/Aceh Singkil

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Satgas TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil melaksanakan pembuatan papan mal jembatanpapan mal yang berfungsi untuk menahan curahan adukan dan pembentukan pondasi dari semen, pengerjaannya di lakukan dilokasi pembuatan jembatan di Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Senin (5/7/2021).

Pembuatan papan mal pondasi jembatan tidak memakan waktu yang lama, namun pembangunan dan pengecoran pondasi jembatan yang memakan waktu lumayan lama, karena terkait dengan kualitas jembatan. Terutama pondasi harus memiliki kekuatan dan masa pembukaan papan mal juga harus menunggu beberapa hari sampai semen coran benar-benar kering maksimal.

Salah satu tukang satgas TMMD Kopda Sadriadi mengatakan, papan mal yang dibuat harus teliti dan semaksimal mungkin guna mencegah adukan semen tidak tumpah kemana-mana.

"Ini kita buat biar semen tidak tumpah, nanti kalau tidak ada mal, tiang pondasi tidak terbentuk dan bahan material adukan semen habis semua, jadi ini salah satu fungsinya," jelas Kopda Sadriadi.

Untuk itu perbandingan pasir, batu dan semen untuk pengerjaan coran harus benar-benar diperhatikan dan pekerjaan belum bisa dilanjutkan sebelum coran benar-benar kering dan padat.

Lebih lanjut dikatakan, dalam hal pengecoran,pembentukan tiang dan pembentukan badan jembatan penggunaan papan mal sangat di butuhkan, karena papan mal ini adalah awal dari bentuk yang nantinya akan di buat, mal merupakan cetakan dan penahan semen untuk membentuk suatu bangunan.

"Syukurnya untuk bahan kayu yg di jadikan papan masih gampang kita temukan, karena papan mal merupakan bahan yang sepele dan simpel tapi fungsinya sangat menentukan dalam suatu bangunan," tuturnya.(REL)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini