-->

Kodim 0109/Aceh Singkil Gelar Kegiatan Himpun, Penyusunan dan Inventarisir Data Perlawanan Wilayah Tahun 2021

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Untuk mendapatkan data teritorial yang valid dan akurat yang terkait bidang Perlawanan Wilayah, Kodim 0109/Aceh Singkil menggelar kegiatan Penghimpunan, Menyusun dan Menginventarisir Data Perlawanan Wilayah tahun 2021 yang diikuti oleh Bati Tuud dan Babinsa Kodim 0109/Aceh Singkil, bertempat di ruang briefing Makodim 0109/Aceh Singkil, Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (22/6/21).

Kegiatan ini merupakan program Bidang Teritorial, khususnya tentang pembinaan perlawanan wilayah yang dilaksanakan secara terukur dan terencana dengan tujuan untuk menjamin tersusunnya data di wilayah yang mencakup data RT RW (Rencana Tata Ruang Wilayah), SDAB (Sumber Daya Alam & Buatan), Konsos (Kondisi Sosial) di wilayah Kodim 0109/Aceh Singkil.

Pasiter Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Dahlius dalam sambutannya mengatakan, bahwa penyusunan data tersebut dengan tujuan untuk menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pertahanan darat.

"Melalui pemberdayaan wilayah dengan menyiapkan pertahanan secara skala prioritas dan keseluruhan wilayah yuridiksi nasional yang disesuaikan menurut potensi daerah masing-masing, sehingga terciptanya pertahanan wilayah yang kokoh dan kuat dalam bingkai persatuan dan kesatuan, selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Singkil," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pengumpulan data operasi perlawanan wilayah, lanjutnya. Bertujuan untuk menjamin terlaksananya kegiatan pengumpulan data operasi perlawanan wilayah dalam rangka kepentingan pembinaan dan pendayagunaan pembinaan Opswanwil yang didukung data yang valid.

"Sebagai prajurit kewilayahan, prajurit harus memiliki kemampuan teritorial yakni kemampuan temu cepat dan lapor cepat. Selain itu, harus memiliki kemampuan manajemen teritorial berupa Puldata, tabulasi data, klasifikasi wilayah dan laporan berkala, kemampuan penguasaan wilayah dan kemampuan komunikasi sosialnya. Semua itu, sebagai modal utama dalam menghadapi berbagai permasalahan yang timbul di wilayah," jelasnya. (Rel)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini