-->

Dandim 0109 Aceh Singkil Beri Wawasan Kebangsaan untuk Pelajar di Gunung Meriah

REDAKSI author photo

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Komandan Kodim (Dandim) 0109 Aceh Singkil Letkol Czi Yudho Widiharto,SIP, berikan materi wawasan kebangsaan kepada pelajar di SMA Negeri 2 Gunung Meriah, di Kampung Bukit Harapan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. 

Di hadapan pelajar Sekolah Tingkat Mencegah Atas itu, Letkol Czi Yudho Widiharto mengatakan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan kali ini memiliki makna untuk membina dan membentuk komponen masyarakat Indonesia terutama pelajar sebagai generasi penerus bangsa. 

Melalui kegiatan ini, para pelajar diharapkan dapat berkepribadian yang baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke- Bhinnekaan Tunggal Ika. Dan dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur. 

"Kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan karena semakin berkembang pesatnya dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," katanya dalam rilis yang diterima Singkil Terkini di Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu. 

Dandim menjelaskan, dalam suasana pembaharuan ini menjadi semakin penting untuk dicermati, oleh karena besarnya pengaruh budaya, pandangan hidup, sistem politik, tata nilai dan sistem ekonomi yang berkembang dalam tata  kehidupan masyarakat Indonesia.  

Perlu disadari, sambungnya, bahwa pengaruh kehidupan global tidak sepenuhnya sesuai dengan tata nilai bangsa indonesia bahkan secara perlahan, namun dengan masuknya nilai-nilai baru justru dapat memudarkan rasa kebangsaan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Pengaruh ini sulit dicegah sebagai akibat dari kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) serta transportasi yang memungkinkan mengunggah secara mudah berbagai informasi dari segala penjuru dunia tanpa penyaring dari Media Maya," ujar Dandim. 

Semua itu, kata Dandim, merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama oleh segenap komponen bangsa, dengan harapan agar seluruh komponen bangsa senantiasa mengedepankan persatuan, kesatuan bangsa. 

Kepada para pelajar, Dandim juga menjelaskan bahwa sasaran yang ingin di capai dalam kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan adalah terwujudnya  komponen masyarakat indonesia yang memiliki kepribadian pancasila. 

Kemudian, terwujudnya komponen masyarakat yang memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam membela Negara Indonesia; Tumbuhnya kebanggaan masyarakat sebagai warga Negara indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. 

Terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang baik, dan memiliki sifat kesetiakawanan sosial di seluruh kalangan masyarakat dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif; dan terbentuknya komponen masyarakat yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang  teguh pada nilai dan norma masyarakat yang berdasarkan Pancasila. 

Dalam kesempatan yang sama, Pasi Ter, Kapten Inf Dahlius yang ikut mendampingi Dandim 0109/Aceh Singkil, juga ikut memberikan materi tambahan tentang Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar SMA Negeri 2 Gunung Meriah.

Pada momentum itu, Letkol Czi Yudho Widiharto yang ikut didampangi oleh Pasiter Pasi Ter Kodim 0109/Aceh Singkil juga memberikan sejumlah pertanyaan terkait wawasan kebangsaan serta hakekat perjuangan bangsa Indonesia kepada pelajar dan bagi yang berhasil menjawab ikut diberikan hadiah berupa buku dan alat tulis. 

Sebelumnya, Kepala SMA Negeri 2 Gunung Meriah, Dra. Saptini dalam sambutannya meminta kepada para pelajar agar pada saat Dandim 0109/Aceh Singkil memberikan arahan dan bimbingan, untuk dapat didengarkan dengan sebaik baiknya, dicerna dengan baik, sehingga dapat menambah wawasan serta memberikan  manfaat. 

Sehingga, sambungnya, Wawasan kebangsaan anak didik di SMA Negeri 2 Gunung Meriah dapat bertambah. "Diharapkan juga wawasan kebangsaan yang didapat pada hari ini, agar dapat di Informasikan kepada rekan-rekan yang lainnya," ujar Saptini. 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Danramil 0109-03/Gunung Meriah, Kapten Inf Irwansyah, dan Para Guru. (Jml/Red)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini