-->

Koramil Danau Paris Imbau Warga Tidak Bakar Lahan

REDAKSI


SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Koramil 0109-07/Danau Paris, mengimbau warga di Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil agar tidak membakar lahan untuk membuka lokasi bercocok tanam sehingga lingkungan tetap lestari. 

"Membuka lahan dengan cara membakar berpotensi membuat kebakaran hutan yang lebih luas, untuk itu gunakan cara yang lebih ramah lingkungan" kata Danramil 0109-07/Danau Paris, Kapten Inf Sahidan, melalui Serma Husni, Senin (22/2/2021). 

Menurutnya, saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau dan biasanya dimanfaatkan warga untuk membuka lahan, baik untuk pertanian maupun perkebunan.

Kebiasaan lama dan turun temurun di daerah itu, sambungnya, warga membuka lahan dengan cara membakar karena dinilai lebih praktis dan ekonomis. 

"Jadi, pola lama ini yang harus diantisipasi bersama untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran hutan sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya. 

Serma Husni yang juga menjabat sebagai Bati Tuud Koramil 0109-07/Danau Paris menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya pembakaran lahan, pihaknya bersama instansi terkait akan menggiatkan sosialisasi dan pemantauan kegiatan masyarakat hingga pelosok. 

"Dalam hal ini kami akan tetap profesional dalam mengemban tugas dan tanggung jawab Kami sebagai Personil TNI," ujarnya.

Selain menggelar sosialisasi langsung ke masyarakat, TNI tentunya akan menguatkan koordinasi dan komunikasi lintas sektor guna mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Koramil 0109-07/Danau Paris. 

Serma Husni menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan akan berdampak negatif terhadap lingkungan dan hubungan sosial masyarakat setempat. 

"Kebakaran hutan, dampaknya cukup berat untuk kehidupan, karena selain asapnya mengganggu kesehatan kita dan anak-anak juga dapat merusak ekosistem," jelasnya. 

Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat semakin menyadari dampak negatif kebakaran lahan dan hutan serta memahami aturan dan larangan membuka lahan dengan cara membakar agar tidak terjerat hukum. 

Masyarakat, tambahnya, harus terus diberikan pemahaman agar pola pembukaan lahan dengan cara membakar dapat dihentikan. (Jml)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini