-->

 


Ini Kata Guru SMP Negeri 1 Baturraden Soal Pelaksanaan PAS di masa Pandemi

REDAKSI


BANYUMAS– Darurat Corona di Kabupaten Banyumas, Jateng membuat setiap sekolah melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) secara online.  Tidak kecuali SMP Negeri 1 Baturraden sejak 1 Desember 2020 kemarin sedang melaksanakan kegiatan serupa. 

Diketahui, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tertanggal 1 - 8 Desember 2020.

Nanik Elistiana N, S. Komp selaku ketua panitia PAS SMP N 1 Baturraden, menilai pelaksanaan penilaian online seperti ini sangat penting dilakukan sebagai tindak solusi atas masalah yang sedang terjadi. 

"Pembelajaran tatap muka sampai saat ini belum bisa dijalankan, dikarenakan masih tingginya jumlah paparan Covid-19 di Kabupaten Banyumas," ungkap dia saat dihubungi pada Minggu (07/12/2020) pagi.

Terkait prosedur pelaksanaan PAS, dia menjelaskan, pihak sekolah pada tenggat jadwal ujian tinggal memberikan alamat dan password dari setiap mapel yang diujikan. Peserta didik sekiranya langsung mengerjakan soal. 

Dari sisi kemananan menurutnya cukup ampuh mengantisipasi persebaran Covid-19 karena peserta didik cukup mengerjakan soal di rumah. Hal tersebut juga dilakukan mengingat sekolah sampai saat ini belum diijinkan melakukan tatap muka.

Dalam sistem pemberitahuan pelaksanaan ujian, sekolah satu hari sebelumnya membuat Flyer pengumuman untuk dibagikan kepada siswanya. 

Diungkapkan, keuntungan dari PAS untuk peserta didik, mereka setelah mengerjakan langsung bisa melihat hasil. 

"Siswa bisa langsung melihat hasil pekerjaan mereka, guru hanya tinggal merekap setelah siswa selesai mengerjakan " Ucap Nanik.

Dijelaskan lagi, demi kelancaran kegiatan, semua elemen sekolah ikut serta mendukung gar terlaksana lancar tanpa suatu hambatan. Selain itu, Pemerintah juga punya peran menyukseskan kegiatan, terutama untuk siswa-siswi sekolah.

"Pemerintah juga sangat mendukung kelancaran kegiatan, buktinya siswa sekolah juga diberikan subsidi kuota untuk mendukung kelancaran, termasuk sekolah kami," kata dia.
 
Sekolah secara khusus berharap bahwa pelaksanaan PAS ini dapat ikut serta mengurangi penyebaran Virus Corona di Banyumas.

"Kedepannya semoga pandemi segera berlalu, dan guru serta siswa dapat bertemu kembali di sekolah," tukas Ketua PAS tersebut. (Gayuh)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini