-->

Rimo Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

REDAKSI author photo

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M di Masjid Raya Hayatul Iman, Desa Rimo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (5/11/2020).


SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL -
Masyarakat Desa Rimo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, menggelar maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, di Masjid Raya Hayatul Iman, Kamis (5/11/2020). 

Para jemaah baik dari Desa Rimo maupun dari sejumlah desa lainnya diwilayah Kecamatan Gunung Meriah tampak antusias hadir memenuhi Masjid Raya Hayatul Iman Desa Rimo. Kegiatan maulid ini juga dimeriahkan dengan Zikir Maulid yang dibawakan oleh peserta zikir dari berbagai Desa di wilayah Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil.

Pantauan, sebelum acara ini dimulai berbagai suguhan makanan dan buah-buahan yang dibawa oleh setiap masing-masing warga Desa Rimo dikumpulkan di Masjid Raya Hayatul Iman untuk disungguhkan kepada para jemaah.

Kepala Desa Rimo, Mirwansyah menyebutkan momentum maulid Nabi Muhammad SAW sebagai ajang silaturrahmi sesama masyarakat sekaligus rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW.


"Insyaallah, ke depan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW akan kita laksanakan lebih meriah lagi," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hari Besar Islam (PHBI) Desa Rimo, Tgk. Tarmizi Al-Khalil ML.S.PdI mengatakan pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dianataranya di isi dengan Ceramah Agama, Zikir Maulid dan Kenduri Maulid. 

Tarmizi menjelaskan, untuk acara Ceramah Agama digelar pada Rabu 4 November 2020 malam dengan penceramah agama disampaikan oleh Ustad Saifuddin asal Kota Subulusalam, Provinsi Aceh. Sedangkan, untuk Zikir Maulid dimeriahkan oleh Tim Zikir yang pesertanya merupakan warga dari berbagai Desa dari Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil.

"Untuk Kenduri Maulid berasal dari warga yang diberikan kelebihan rezeki untuk memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H," ungkapnya.

Terkait Zikir Maulid dan Kenduri Maulid, sambungnya, merupakan kegiatan yang pertama digelar dibawah kepemimpinan Mirwansyah sebagai Kepala Desa Rimo. "Untuk Ziikir Maulid dan Kenduri Maulid baru kembali digelar dimana sudah puluhan tahun sempat terhenti," sebutnya.

Kendatipun demikian, Pemerintah Desa Rimo dan warga setiap tahun mengadan acara peringatan maulid Nabi. Akan tetapi, kegiatan tersebut hanya di isi dengan aara ceramah agama yang disampaikan oleh para ustad baik dari Aceh Singkil maupun dari luar Aceh Singkil. 

Pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, Kata Tarmizi,, ikut mengusung tema, Meraih Cinta Rasullah SAW dengan Berzikir dan Bershalawat Ummat Islam akan Selamat.

Tidak hanya itu, pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung meriah tersebut, pihak panitia juga ikut menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti mencuci tangan dan mengenakan masker.

Tarmizi juga menyebutkan peringatan kelahiran Nabi ini merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam. Hal itu disampaikannya, lantaran sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awwal tahun gajah atau bertepatan dengan 29 Agustus 580 Masehi di Makkah, perubahan situasi dan kondisi dunia sungguh berbeda dengan sebelumnya.

Menurut Tarmizi, dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini sungguh membawa syafaat yang sangat besar bagi semua isi alam. Karena, Nabi adalah utusan Allah yang menjadi mahluk pilihan.

Nabi Muhammad SAW, sambungnya, memiliki syafaat yang sangat besar di ramainya manusia nanti yang akan berkumpul di padang Mahsyar semua mahluk berkumpul mulai sejak Nabi Adam hingga umat terakhir. Dan Nabi mampu memberikan syafaat kepada umatnya.


Dihari kelahiran Nabi ini pun, Ustaz Tarmizi juga mengajak kepada umat Islam agar lebih meningkatkan ibadah dan memperbanyak membaca shalawat. 

Ia juga mengajak agar masyarakat bisa dengan istiqamah membaca shalawat, karena bagi yang membaca shalawat tentu akan mendapatkan pahala dan syafaatnya Rasulullah SAW baik di dunia maupun di akhirat nanti. "Semoga kita mendapatkan syafaatnya Nabi Muhammad SAW nantinya," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Muspika Gunung Meriah, Kepala Desa Rimo dan perangkat , Imam Masjid Raya Hayatul Iman Drs Muhammad Hasby, Ketua PHPI Desa Rimo dan pengurus, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, BPKam, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Rimo, masyarakat serta tamu undangan lainnya. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini