-->

Babinsa Motivasi Peternak Ayam Petelur

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 03/Gunung Meriah, Kodim 0109/Aceh Singkil, Kopda Dedi Nasprianto memberi motivasi sekaligus semangat dan apresiasi kepada peternak ayam petelur di Desa Sidorejo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (12/8/2020). 

Dalam meningkatkan taraf kehidupan perekonomian, kemauan masyarakat untuk mengembangkan usaha yang digeluti setiap keluarga cukup beragam. 

Masyarakat memanfaatkan lahan yang ada untuk peternakan ayam kampung. Peternakan ayam yang di geluti masyarakat pada saat ini hanya fokus untuk menghasilkan telur.

Babinsa Sidorejo, Kopda Dedi Nasprianto memberikan arahan kepada pak Tujiono, pemilik peternakan ayam yang berjumlah 500 ekor, 

Dikatakannya, bahwa peremajaan ayam harus terus dilakukan guna kesinambungan usaha. Untuk itu perlu perawatan dan pemeliharaan yang teliti kepada ayam induk guna pencapaian hasil yang optimal.

"Untuk mengatasi penyakit yang akan timbul sewaktu waktu pada ayam maka perlu juga di berikan vaksin dalam pemeliharaan dan pengecekan kesehatan ayam. Kebersihan tempat harus selalu dijaga dan ketersediaan pakan yang seimbang  yang dikonsumsi ayam harus bisa merangsang untuk menghasilkan telur," ujarnya.

Babinsa juga mengatakan untuk meningkatkan hasil peternakan perlu penyuluhan yang berkesinambungan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengurusan ternak. Sebab kalau salah dalam pemeliharaan sehari hari akan mengakibatkan produksi telur akan berkurang.

"Pakan ternak yang diberikan adalah makanan alami dan pabrikan yang diberikan adalah solusi yang tepat untuk menghasilkan telur yang banyak. Pemasaran hasil ternak cukup menjanjikan karena kebutuhan telur cukup tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Tujiono (64) selaku pemilik ternak ayam petelur sangat senang atas kehadiran Babinsa dilokasi usahannya itu. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang telah memberi masukan, arahan dan motivasi dalam pemeliharaan ternak ayam petelur. (FD)
Komentar Anda

Berita Terkini