-->

Hindari Kesalahan Penyajian Data, Kodam IV Gelar Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan

News author photo

SINGKILTERKINI.NET, SEMARANG – Dalam upaya kelancaran penyelenggaraan Pertahanan Negara, khususnya dibidang pengelolaan keuangan negara diperlukan perangkat manajemen antara lain, laporan keuangan yang merupakan wujud pertanggungjawaban instansi pemerintah atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara,   berupa laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan ekuisitas, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

Terkait hal itu Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Kodam IV/Diponegoro Semester I TA. 2020 yang dibuka oleh Asrendam IV/Diponegoro Kol Inf Hery Setiyanto mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.E., M.M. bertempat di Aula Makodam IV/Diponegoro, Watugong, Semarang. Selasa (14/7/2020).

Kegiatan yang diikuti perwakilan Pejabat Perencanaan, Logistik dan Unit Akutansi yang memegang Keuangan dimasing-masing Satker Jajaran Makodam ini bertujuan untuk mendapatkan Laporan Keuangan yang transparan dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk meyakinkan keadaan data dalam penyusunan laporan keuangan perlu dilakukan rekonsiliasi antara Unit Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dengan Unit Akuntansi dan Pelaporan BMN serta bidang perencanaan di lingkungan Kodam IV/Diponegoro” ungkap Pangdam dalam amanat yang dibacakan Asrendam IV/Diponegoro.

Ditambahkan agar para Satuan Kerja mengikuti semua proses, mekanisme dan tertib administrasi anggaran serta ketentuan yang berlaku dalam penyusunan Laporan Keuangan, sehingga temuan-temuan dari Wasrik baik internal maupun eksternal dapat diminimalisir dan dihindari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakudam IV/Diponegoro Letkol Cku Agus Daryanto S.E., Waaslog Kasdam Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, S.Sos., M.Si, dan Irdya Ops Itdam Letkol Inf Ahmad Rifai, M.Si.

Sumber : Pendam IV/Dip // Sty

Komentar Anda

Berita Terkini