-->

Hindari Kepunahan Penyu, Personil Koramil 01/Pulau Banyak Lepaskan Tukik ke Laut

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Untuk menghindari kepunahan terhadap kelestarian penyu, Personil Koramil 01/Pulau Banyak melepas ratusan tukik (anak penyu) ke pantai Teluk Nibung.

Pelepasan tukik yang dihasilkan dari hasil pelestarian dari Bumdes itu dipimpin oleh Kabid Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, S.Hut di pantai Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (10/7/2020).

Disela-sela kegiatan Kabid BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan penyu merupakan spesies yang telah ada selama lebih dari 100 juta tahun, kini berada di bawah ancaman. 

Enam dari tujuh spesies penyu di seluruh dunia sekarang diklasifikasikan sebagai satwa terancam punah dan aktivitas manusia kian mendorong penyu semakin dekat dengan kepunahan.

Sementara itu, Bamin Bakti TNI koramil 01/Pulau Banyak Serma S.P.Sitorus menyebutkan keikut sertaan personil Koramil 01/Pulau Banyak pada pelestarian penyu yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai upaya membantu pemerintah untuk menghindarkan wilayah Kecamatan Pulau Banyak dari kepunahan hewan penyu yang akhir - akhir ini memang sudah sangat memprihatinkan.

Menurutnya, kelangkaan penyu yang terjadi saat disebabkan oleh tangan - tangan tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja mencuri telur penyu untuk di jual, maupun dikonsumsi dengan tidak memikirkan keberlangsungan hidup hewan penyu tersebut.

"Semoga nantinya tukik-tukik yang dilepas ini bisa hidup dan berkembang biak, sehingga ekosistem alam akan semakin terjaga dan bisa terjaga dari kepunahan," ujarnya.

Turut hadir Kasub Pos Polsek Pulau Banyak Barat Aipda Fahmi, DanPos TNI AL serda Agus dan Keucik Teluk Nibung Miswadi serta beberapa warga Pulau yang berada dipesisir pantai Teluk Nibung. (Fadhil)
Komentar Anda

Berita Terkini