-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Forkopincam Gunung Meriah Imbau Masyarakat tak Buang Sampah Sembarangan

    REDAKSI
    Thursday, July 16, 2020, Thursday, July 16, 2020 WIB Last Updated 2020-07-17T02:44:41Z

    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, Aceh meminta masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dimaksudkan agar kebersihan lingkungan tetap terjaga dengan baik.

    "Meski imbauan terus dilakukan, masih juga ditemukan masyarakat kurang sadar akan kebersihan dan masih membuang sampah sembarangan," kata Camat Gunung Meriah, Johan Pahmi Sanip, kepada Singkilterkini.net, Kamis (16/7/2020).

    Sanip sapaan akrab, menambahkan tanggung jawab kebersihan sampah tidak hanya pemerintah. Tetapi seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Gunung Meriah. Di antaranya tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan wanita.

    "Kita semua tentunya harus sepakat dalam menjaga Kecamatan Gunung Meriah agar tetap bersih dan asri, terutama kebersihan sampah," ujarnya.

    Ia juga mengakui kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya juga masih kurang. Sehingga saat masuk ke kampung-kampung, masih banyak ditemukan sampah berserakan.

    Maka dari itu, diimbau kepada seluruh stakeholder di kecamatan Gunung Meriah untuk dapat menyampaikan atau mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kesadaran terhadap sampah. Yakni, melalui program gerakan masyarakat sehat (Germas).

    Hal senada juga disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Gunung Meriah, Haryono. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena kebersihan ini merupakan salah satu dari iman. 

    Untuk menjadi daerah yang maju, salah satunya adalah kebersihan. Soal sampah, sambungnya, juga tidak boleh diserahkan semata kepada pemerintah dan dinas terkait.

    Hal Ini, tambahnya, juga harus didukung oleh seluruh masyarakat Gunung Meriah sebagai obyeknya. "Mari bersama-sama kita berikan contoh yang baik bagi para pendatang atau yang berkunjung ke wilayah Kecamatan Gunung Meriah," ajaknya lagi.

    Sementafa itu, Kapolsek Gunung Meriah, Ipda Mulyadi menambahkan, Kecamatan Gunung Meriah terdiri 25 Desa dan Kecamatan Gunung Meriah juga termasuk kawasan yang padat penduduk. 

    "Kecamatan Gunung Meriah ini merupakan Kecamatan Gunung Meriah yang memiliki jumlah penduduk terbanyak, bahkan Anggota DPRK Aceh Singkil terbanyak juga berasal dari Kecamatan Gunung Meriah," jelasnya.

    Untuk itu, sebagai aparat Kepolisian, Ia juga mengharapkan agar masyarakat tetap selalu tanamkan kesadaran yang tinggi, agar menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing, dimulai dari rumah tangganya.

    Dalam kesempatan yang sama, Danramil 03/Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius menambhakan bahwa menjaga kebersihan adalah sesuatu yang wajib, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. 

    "Untuk itu, mari bersama-sama kita menjaganya dan jangan dibebankan kepada pemerintah dan tenaga kebersihan saja," imbaunya. (Jml).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Headline

    +