-->

Di Hari Lebaran Haji Tahun Ini, Babinsa Sukamakmur Berjibaku Bantu Pemotongan Hewan Kurban

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Menyambut hari raya Idhul Adha 1441 Hijiriah di desa binaan, Serma Budiantoro yang juga merupakan Babinsa Sukamakmur Koramil 03/Gunung Meriah Kodim 0109/Aceh Singkil berjibaku membantu penyembelihan Hewan kurban di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gununung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Jum'at (31/7/2020).

Serma Budiantoro menjelaskan Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan qurban bagi yang mampu dan hewan yang disembelih bisa seperti, domba, sapi, kerbau atau unta.

"Idul Adha disebut juga sebagai lebaran Haji, karena tepat pada bulan Dzulhijjah umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan rukun Islam ke lima yaitu ibadah haji yang berada di Masjidil Haram,"urai Budiantoro.

Sambungnya, Pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan Idul Adha, umat Islam yang menunaikan ibadah haji sedang melakukan rukun haji terakhirnya dengan penyembelihan hewan qurban.

Menurut keterangan Poniman (46) yang juga tokoh agama di desa tersebut, bahwa selama ini, pemotongan hewan kurban di Desa Sukamakmur dilakukan secara begilir di setiap dusun dan bertepatan tahun ini di laksanakan Dusun III Desa Sukamakmur.

"Tradisi tersebut kami laksanakan sudah turun temurun, dengan tujuan agar selalu terjalin ukhuwah islamiah dan kerukunan antar warga Desa Sukamakmur,"terangnya.

Ia menambahkan, pemotongan hewan Kurban yang dilaksanakan di Hari Raya Idul Adha ini adalah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan digolongkan kepada hukum sunnah Muakkad atau Sunnah yang sangat dianjurkan. (Fd)
Komentar Anda

Berita Terkini