-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Babinsa Pandansari Motivasi Warga Budidaya Buah Naga

    REDAKSI
    Sunday, July 12, 2020, Sunday, July 12, 2020 WIB Last Updated 2020-07-12T04:17:00Z
    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Kopda Asmin Ahyar, Babinsa Desa Pandansari Koramil 03/Gunung Meriah Kodim 0109/Aceh Singkil melaksanakan motivasi warga budidaya buah naga di desa Pandansari Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, Minggu (12/7/2020).

    Buah berbentuk unik ini juga dikenal dengan nama buah kaktus. Ya, buah naga memang berasal dari keluarga kaktus, dengan tampilan kulit yang terlihat runcing dan seperti sisik. 

    Melihat nilai ekonomi yang tinggi dari budidaya buah naga, Kopda Ahyar  berupaya mengajak masyarakat khususnya warga Pandansari untuk menanam buah tersebut dengan cara memberikan pemahaman kepada warga tentang manfaat dan keuntungan dari budidaya buah naga tersebut.

    Selain itu disekitar Makoramil tentang cara mengawinkan bunga buah naga. Pemilihan waktu pelatihan dilaksanakan pada malam hari karena disesuaikan dengan waktu mekar bunga buah naga sehingga masyarakat bisa langsung mempraktekkan cara mengawinkan bunga buah naga.

    "Tujuan kegiatan pendampingan yang kami laksanaan ini adalah untuk memberi contoh, berbagi ilmu dan memotivasi masyarakat agar lebih bersemangat dalam memanfaatkan lahan atau pekarangannya, karena buah naga merupakan salah satu tumbuhan bernilai ekonomis tinggi, memiliki khasiat untuk kesehatan dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit," papar Ahyar.

    Ulasnya lagi, Apalagi perawatan tanaman ini cukup mudah. Karena tanaman buah naga cukup tahan terhadap cuaca, serta tidak begitu membutuhkan banyak air. Dengan perawatan yang baik, maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin banyak.

    "Adapun manfaat buah naga bagi kesehatan manusia di antaranya adalah sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan, dan mengobati keluhan keputihan,"jelas Ahyar.

    Ia menambahkan, bahwa buah naga juga bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga,  Sebab, buah ini mengandung kadar air tinggi 90 persen dari berat buahnya. Ditambah lagi rasanya yang cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks.

    "Manfaat buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan, maupun selai atau beragam penyajian sesuai selera masing-masing," pungkasnya. (Fd)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Headline

    +