-->

Babinsa Koramil 05/Kuala Baru Komsos Dengan Nelayan

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Anggota TNI dari Koramil 05/Kuala Baru, Kopda Wage R Panjaitan melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan nelayang di Desa Laut, Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil, Senin (27/2/2020).

Dalam komsos tersebut, Kopda Wage R Panjaitan juga turut serta membantu nelayan menarik jaring pukat di pinggir pantai di Desa Laut. 

"Cuaca dilautan saat ini tidak menentu, bahkan sering badai, dan hasil tangkapan ikan nelayan di tengah penerapan Adaptasi Kebiasan Baru Covid-19 juga berkurang," kata Kopda Wage R Panjaitan dalam rilisnya yang diterima Singkilterkini.net, Selasa (28/7/2020).

Dijelaskannya, para nelayan memasang jaring pukat di pinggir laut disebabkan mereka atau nelayan tidak bisa melaut yang diakibatkan faktor cuaca yang tidak menentu atau sering terjadinya badai. 

"Ketika nelayan tidak melaut, mereka sering memanfaatkan waktu tersebut sepwrti memperbaiki jaring pukat mereka yang rusak, mereka juga memanfaatkan dengan memasang pukat jaring ditepi laut," jelasnya.

Muzni, Warga di Desa laut menyampaiakan ucapan terima kasih atas peran dan pendampingan yang diberikan Babinsa terhadap masyarakat khususnya para nelayan di Desa Laut. 

"Babinsa sering memantau aktifitas warga, kami juga sangat terbantu, apalagi Kami bisa langsung menyampaikan kesulitan dan kendala yang sedang Kami hadapi," ujar Muzni.

Terpisah, Danramil 05/Kuala Baru, Lettu Inf Muhammad Jamin mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Babinsa termasuk bagian dari fungsi metoda Binter dalam mengaplikasikan dan pengamalan delapan wajib TNI.

"Semoga dengan kehadiran Babinsa dapat mempelopori usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat di wilayah Koramil 05/Kuala Baru," ujarnya.

Dijelaskan Danramil, dalam setiap kegiatan komsos atau pendampingan yang dilakukan para Babinsa, juga ikut diberikan pemahaman bagi masyarakat khususnya nelayan, bahwa laut memiliki banyak hasil yang bisa membuat hidup sejahtera, asalkan pandai dalam menjaga kelestarian laut.

Untuk itu, pihaknya juga mengajak kepada nelayan untuk bersama- sama menjaga kelestarian laut dengan cara tidak merusak laut yang dapat menimbulkan petaka bagi generasi kedepan. 

"Mari kita jaga kebersihan laut, jaga terumbu karangnya, dan jangan sekali-kali menangkap ikan menggunakan bahan peledak seperti bom," pesannya. (MJ)
Komentar Anda

Berita Terkini