-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Galakkan Penanaman Pohon Buah Untuk Penghijauan

    REDAKSI
    Thursday, July 23, 2020, Thursday, July 23, 2020 WIB Last Updated 2020-07-23T05:07:51Z
    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Kodim 0109/Singkil, Serda Raja'i menggalakkan penanaman pohon buah untuk penghijauan bersama warga masyarakat di lahan gersang dan pekarangan rumah demi mengurangi dampak pemanasan global. Penanaman pohon itu berlangsung di Desa Lipat Kajang Bawah, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (23/7/2020).

    Serda Raja'ie terus melakukan gerakan penananaman pohon sebagai wujud kecintaaan terhadap lingkungan. Dalam kegiatan itu ikut dihadir mahasiswa STAISAR, Pegiat Lingkungan, dan warga masyarakaat dari Desa Lipat Kajang Bawah. 

    Manfaat penanaman pohon buah memiliki nilai estesis (Keindahan) beberapa bentuk yang khas, sehingga menciptakan suasana tersendiri. Oleh karena, apabila disetiap Dusun/ Desa Dapat melakukan penanaman pohon dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman.

    "Struktur halaman yang lapang tanpa di imbangi dengan pohon akan terasa gersang. Sebaliknya, apabila disekitar Kita ditanami pohon serta ditata dengan baik akan Nampak hijau dan asri," kata Seda Raja'ie.

    Sementara itu, salah seorang perwakilan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAISAR), Sardiansyah mengharapkan kepada warga masyarakat agar setelah selesai penanaman pohon buah ini tidak dibiarkan begitu saja. Akan tetapi, sambungnga, harus tetap dilakukan perawatan sampai pohon tersebut hidup dan tumbuh sampai berbuah. 

    "Kami sangat berterima Kasih Kepada Bapak Babinsa Yang telah menggerakan dan menggalakkan warga masyarakat untuk menanam pohon buah dimasa penerapan Adaptasi kebiasaan baru ini," ungkap Mardiansyah.

    Terpisah Dandim 0109/Aceh Singkil, Letkol Inf Syaifuddin melalui Danramil 04/Simpang Kanan, Kapten Inf Asfimal mengatakan keterlibatan TNI secara langsung khususnya Babinsa yang berperan aktif yang berada di tengah-tengah warga masyarakat memberikan kontribusi positif dalam semua hal yang ada diwilayah desa binaannya masing-masing.

    "Hal tersebut tentunya, tetap berpedoman pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI," ujar Kapten Inf Asfimal.

    Ia menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan tersebut selain untuk penghijauan dan menata lingkungan juga dilakukan dalam rangka menciptakan suasana lingkungan yang sejuk. 

    Selain itu, pihaknya mengambil langkah nyata dalam bentuk penanaman pohon buah diwilayah teritorialnya. "Jenis pohon buah yang ditanam berupa Rambutan, Alpukat dan Durian," jelasnya. (Hd) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini