-->

Pimpin Apel Gelar Menuju New Normal Kabupaten Aceh Singkil, Begini Pesan Bupati

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid memimpin apel gelar menuju new normal Kabupaten Aceh Singkil. Apel dengan menggunakan protokol kesehatan itu digelar di halaman Mapolres Aceh Singkil, Rabu (17/6/2020).

Bertindak sebagai Perwira Apel adalah Kabag Ops Polres Aceh Singkil, Kompol Erwinsyah, dan Komandan Apel dijabat oleh KBO Sat Reskrim Polres Aceh Singki, lIPDA Eska Agustinus Simangunsong.

Sementara untuk peserta Apel diikuti oleh unsur Pemerintahan, TNI dan Polri. Turut hadir, Forkopimda Aceh Singkil, PJU Polres Aceh Singkil, para kepala SKPK dan Camat di lingkungan Pemkab Aceh Singkil.

Dalam amanatnya, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan bahwa perlawanan terhadap pandemi covid-19 masih belum berakhir. Apalagi, sambungnya, vaksin untuk menghentikan penyebaran virus ini pun juga masih dalam tahap pengembangan.


Meski demikian, kata Dia, relaksasi atau pelonggaran aturan "sosial distancing" sudah mulai dilakukan. Namun, relaksasi tersebut dilakukan sembari tetap mentaati protokol-protokol kesehatan untuk terus menekan timbulnya lonjakan kasus baru.

Disampaikannya, bahwa penggunaan masker kini menjadi hal yang wajib saat berada di ruang publik, mencuci tangan sesering mungkin serta menjaga jarak ketika berada dikeramaian sesuatu hal yang secara sadar harus terus kita lakukan.

Menurutnya, hal-hal tersebut menunjukkan bahwa covid-19 telah benar-benar mengubah cara hidup manusia. Sesuatu yang sebelumnya tidak lumrah dilakukan kini menjadi sebuah kewajaran dan bahkan kewajiban.

"Kondisi saat ini kemudian memunculkan istilah new normal atau kondisi normal yang baru. kondisi ketika manusia pada akhirnya harus hidup berdampingan dengan ancaman virus corona penyebab covid-19," ujar Dulmusrid.


Berdamai atau hidup bersama dengan virus corona juga diungkapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. "Beliau mengatakan, pemerintah terus berupaya keras dan berharap puncak pandemi covid-19 akan segera menurun. selama wabah masih terus ada, seluruh masyarakat harus tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Dalam era new normal, tambahnya, prinsip utamanya adalah penyesuaian pola hidup. Penyesuaian itu diantaranya protokol yang harus ditetapkan disesuaikan dengan kondisi tempat kerja, lokasi publik, dan sebagainya.

Selain itu, kata Bupati, tetap mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi, pemerintah telah mempersiapkan beberapa panduan menuju new normal.

Dicontohkannya, seperti keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/menkes/328/2020 tentang panduan pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (covid-19) di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.


Kemudian, lanjutnya lagi, ada juga keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-830 tahun 2020 pedoman tatanan normal baru produktif dan aman corona virus disease 2019 bagi aparatur sipil negara di lingkungan kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah.

Landasan hukum itu, ungkapnya harus dipahami secara baik dan benar, sehingga bisa menjadi landasan hukum dalam menerapkan kehidupan normal baru di kabupaten aceh singkil.

"Saya atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen TNI/Polri yang terus bekerja tanpa kenal lelah memastikan seluruh masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan," ucapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan secara tulus kepada para petugas-petugas medis mulai dari dokter, bidan, perawat yang terus melaksanakan tugas nya dengan penuh kesabaran dan kegigihan memberikan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, kerja keras bapak/ibu itu berbuah hasil, dengan ditetapkannya Aceh Singkil sebagai zona hijau," bebernya.

Walaupun kita termasuk dalam zona hijau, sebutnya lagi, kita harus tetap waspada, jangan lengah dan terus bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing – masing, untuk memastikan Aceh Singkil siap secara penuh melaksanakan kehidupan normal baru dan tetap mempertahankan sebagai daerah yang bebas pandemi covid 19. (JML/FT)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini