-->

Pemdes Cingkam Telah Salurkan Bantuan Langsung Tunai

REDAKSI
Pemerintah Desa Cingkam, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil telah meyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I, bulan kedua dan ketiga tahun anggaran 2020.

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Pemerintah Desa Cingkam, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil telah meyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I bulan Mei dan Juni tahun anggaran 2020.

Kepala Desa/Kampung Cingkam, Maspudin mengatakan, tujuan utama penyaluran BLT DD adalah untuk pencegahan penyebarah wabah Covid-19 di kalangan masyarakat.

"Bantuan sosial tahap I bulan kedua dan ketiga ini diperuntukkan khusus masyarakat yang terdampak pembatasan aktifitas akibat pandemi Covid-19," ujar Maspudin kepada Singkilterkini.net, Selasa (23/6/2020).

Maspuddin menambahkan, penyaluran BLT tersebut dilakukan secara langsung dan transparan kepada 14 Kepala keluarga penerima manfaat.

Penyaluran BLT DD Bulan Mei dan Juni TA 2020 di Desa Cingkam

"Kita salur secara transparan dengan ikut dihadiri Pendamping Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, dan Perangkat Desa,'' jelasnya.

Sama seperti penyaluran BLT DD tahap I bulan April, penerima juga menerima uang tunai sebesar Rp 600.000 untuk bulan Mei dan Rp 600.000 untuk bulan Juni.

''Setiap KK mendapat Rp 600 ribu per bulannya selama 3 bulan. Hari ini langsung disalurkan dua bulan yakni untuk bulan Mei dan Juni," ungkapnya.

Selain itu, kata Maspudin, pada saat penyaluran BLT DD para penerima juga diwajibkan mematuhi protocol Covid-19 di antaranya memakai masker, menjaga jarak, tidak bersentuhan fisik, dan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Maspuddin menegaskan, bantuan dana dari pemerintah sebaiknya digunakan untuk membeli sembako. Bukan membeli pakaian atau keperluan lain yang tidak mendesak.

''Manfaatkanlah bantuan ini dengan baik. Pakai sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Tunda dulu untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu penting,'' ujarnya.

Selaku ketua gugus tugas di tingkat Desa, Maspudin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pusat yang sudah memberikan dan memenuhi banyak kebutuhan masyarakat.

''Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para keluarga penerima manfaat (KPM). Bagi yang sakit, bisa digunakan untuk belanja obat-obatan atau memeriksakan kesehatan,'' tuturnya.

Ditambahkannya, pembagian BLT DD tersebut digelar di Kantor Desa Cingkam. "Untuk 12 KPM mengambilnya langsung kekantor Desa, sedangkan sisanya diantar langsung secara dor to dor, mengigat sudah lansia," ungkapnya. (Jamaluddin)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini