-->

Forkopimda Subulussalam Tanam Perdana Talas Ungu di Kecamatan Rundeng

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, SUBULUSSALAM - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Subulussalam, Provinsi Aceh melakukan penanaman perdana tanaman Talas Ungu di Desa Harapan Baru, Kecamatan Rundeng,Rabu (24/6//2020).

Hadir Walikota Subulussalam H.Affan Alfian Bintang, Wakil Walikota Drs. Salmanza, MAP, Dandim 0118/Subulussalam, Letkol Inf. Winarko.S.Ag Tr (Han), Kapolres Subulussalam diwakili oleh Kabagren AKP Idris, serta Kajari Subulussalam M.Ali Hanafiah, SH,MH, Anggota DPRK Subulussalam, Ridwan.AMA, Ketua MPU Subulussalam, Drs.Azharuddin Petek.

Hadir Juga Kadis Pertanian Subulussalam Sulisma, M.SI, Para kepala SKPK, Muspika Rundeng, Kepala Mukim Rundeng, Kepala Kampong Se-Kec.Rundeng, Kepala BPP Kecamatan Rundeng, Ketua Kelompok Tani Wilayah Kecamatan Rundeng dan Masyarakat Rundeng yang berhadir.

Acara diawali penyampaian laporan Panitia oleh Kepala Desa Harapan Baru, Sadarhana yang kemudia dilanjutkan dengan kata Sambutan dari Camat Rundeng, Irwan Faisal SH.

"Kami Muspika Rundeng mengucapkan selamat datang kepada Bapak Walikota Subulussalam beserta Rombongan di Kecamatan Rundeng ini," ujar Irwan.

Disampaikannya, bahwa penanaman Talas Ungu Perdana tersebut merupakan hasil kerjasama antara pihak Kelompok Tani Kecamatan Rundeng dengan Dinas Pertanian Subulussalam.

Sementara itu, Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang, dalam sambutannya mengatakan program Tanaman Talas Ungu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Rundeng ditengah Covid-19.

Apalagi, sambungnya, ditengah Pandemi Covid-19 banyak sekali masyarakat yang terkena dampaknya, seperti pekerjaan terlambat dan perekonomian juga sulit.

Kegiatan ini, tambahnya, merupakan salah suatu terobosan dalam memanfaatkan ketersediaan lahan yang diharapkan mampu menghasilkan produksi Talas Ungu yang maksimal nantinya.

"Dan ini bisa menjadi percontohan kepada Masyarakat, yang diharapkan bisa dikembangkan lebih luas lagi dan mampu diikuti Masyarakat khususnya di Kec.Rundeng, tanam Talas atau Talas ungu ini juga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan," ujar Bintang.

Pihaknya juga berharap agar kedepannya tidak hanya produksi talas yang akan meningkat, akan tetapi dari hasil pertanian lainnya juga dapat ditingkatkan bersama terlebih di Kecaamatan Runden.

Pada kesempatan itu, Walikota juga menegaskan, bahwa saat sudah memasuki New Normal dan dengan mulai diterapkan New Normal di Kota Subulussalam ini, bukan berarti sudah terhindar dari ancaman Covid-19 dan perlu diketahui bersama jumlah korban Covid-19 semakin hari semakin meningkat.

"Dengan adanya budidaya tanaman Talas Ungu di Kecamatan Rundeng yang diperakasai oleh Bapak Saragih (Anggota Kodim 0118/Subulussalam) kita patut berterimakasih kepada beliau atas partisipasinya dan mari kita seluruh warga masyarakat agar membudidayakan tanaman talas ditempat lahan lahan yang masih ada," jelas dan harapnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, luas lahan untuk rencana penanaman Talas Ungu di Desa Harapan Baru, Kecamatan Rundeng berjumlah 8 Hektar. Sementars yang sudah ditanami tanaman Talas Ungu seluas 3 hektar. Adapun Pemilik lahan tanaman talas ungu milik Irwan Faisal. (Jml)

Sumber: Pendim Subulussalam
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini