-->

 


Fokus Kegiatan Pembangunan Fisik di Tengah Pandemi Covid-19, Puluhan Warga Teluk Ambun Datangi Kantor Desa

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Puluhan warga melakukan aksi protes ke Kantor Kampung Teluk Ambun, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin (11/5/2020).

Dalam kesempatan itu, mereka mempertanyakan terhadap peran pemerintahan Kampung Teluk Ambun terhadap Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang menjadi pandemi global dan telah berdampak serius terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan masyarakat desa di Indonesia tidak terkecuali di Kampung Teluk Ambun.

Sebagaiman diketahui, guna menindak lanjuti arahan Presiden Republik Indonesia terkait dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

Untuk itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar, pada 24 Maret 2020 telah menerbitkan surat edaran Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

"Jadi Kedatangan Kami kesini ingin mengetahui apakah pemerintah Kampung Teluk Ambun sudah menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa," kata Sambul Bahri, salah satu Warga Kampung Teluk Ambun.

Disamping itu, kedatangan mereka juga sebagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah Kampung Teluk Ambun kurang begitu aktif dalam menangani dampak covid-19, sebagaimana anjuran pemerintah terkait dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

"Kami sangat kecewa dengan pemerintah Kampung Teluk Ambun, seharusnya di tengah wabah covid-19, dan sesuai dengan Surat edaran Menteri, pemerintah desa lebih fokus penangannya serta menanggulangi dampak covid-19 yang saat ini membuat perekonomian masyarakat semakin anjlok," ujar Samsul.

Ia menyebutkan, sudah seharusnya pemerintah Kampung Teluk Ambun melkasanakan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) untuk menunjang ekonomi masyarakat akibat dampak wabah covid-19 dan bukan hanya terfoksus terhadap kegiatan pembangunan fisik yang bersumber dari Dana Desa Tahun anggaran 2020.

Dalam hal ini, sambungnya, ketika berbicara tentang ekonomi masyarakat yang merosot akibat wabah covid-19, seharusnya pemerintah desa Teluk Ambun lebih serius dalam menanganinya, dan bukan hanya terkesan apatis atau acuh tidak acuh dengan mendahulukan kegiatan pembangunan fisik dibandingkan dengan PKTD sebagaimana yang tertuang dalam surat edaran menteri Desa.

Untuk itu, Ia mendesak agar Kepala Kampung Teluk Ambun untuk segara melaksanakan kegiatan PKTD guna mengenjot perekonomian masyarakat. "Jika hal ini juga tidak dilakukan secepatnya maka kami akan mendatangi Kantor Camat dan jika perlu langsung ke Bupati Aceh Singkil sebagai pemimpin tertinggi di Aceh Singkil untuk meminta kejelasan terkait hal ini," ungkapnya. (Surya/***)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini