-->

Pandemi COVID-19 Tidak Halangi Kodim 0118 Subulussalam Gelar Donor Darah

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, SUBULUSSALAM- Virus Corona (COVID-19) yang saat ini tengah melanda berbagai negara termasuk Indonesia membuat semua pihak bahu-membahu memerangi virus yang telah merenggut ratusan korban jiwa di Tanah Air itu. Tidak terkecuali dari jajaran Kodim 0118/Subulussalam.

Sejauh ini, selain aktif melakukan sosialisasi pencegahan virus corona dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Kodim 0118 Subulussalam juga ikut membantu RSUD Kota Subulussalam yang kekurangan stok darah dengan menggelar donor darah di Markas Kodim 0118/Subulussalam. 

"Kegiatan donor darah kali ini mengusung tema membantu ketersediaan darah di tengah pandemi COVID-19," kata Komandan Kodim 0118/Subulussalam Letkol Inf Winarko S.Ag, M.Tr(Han) dalam keterangannya kepada Singkilterkini.net, Selasa (7/4/2020).

Kegiatan donor darah tersebut, lanjut Dandim, guna membantu RSUD Subulussalam dalam penyediaan stok darah bagi para pasien yang membutuhkan khususnya dalam mengantisipasi pandemi Covid-19.

Menurutnya, imbas dari kebijakan social distancing stok darah di RSUD Subulussalam menipis, Sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi. Oleh karena itu, kegiatan donor darah penting dilaksanakan untuk membantu RSUD Subulussalam.

"Kami rasa dengan bakti sosial donor darah, bisa meringankan beban pasien yang berobat di RSUD Kota Subulussalam, jangan panik, tetap waspada, jaga diri kita, jaga keluarga, jangan lupa tetap berdo'a Insya Allah semua akan berakhir, bersama kita lawan corona," imbuh Letkol Inf Winarko.

Dandim 0118/Subulussalam juga menyebut, kegiatan bakti sosial ini dilakukan untuk memasok kekurangan stok darah di tengah antisipasi penyebaran virus corona.

"Saat ini, ketersediaan darah di Kota Subulussalam kurang, akibat masyarakat ketakutan mendonor darah di tengah pandemi Covid-19, darah yang terkumpul itu akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah binaan Kodim 0118/Subulussalam," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Subulussalam, dr Dewi Sartika Pinem menyebutkan, di tengah pandemi Covid-19, UTD (Unit Transfusi Darah) mengalami kekurangan stok darah.

"Kita berharap donor darah tetap bisa terus dilaksanakan, mengingat kebutuhan darah bagi masyarakat di rumah sakit sangat diperlukan.

Setelah kegiatan selesai Kodim 0118/Subulussalam berhasil mengumpulkan 8 kantong darah yang siap didonorkan. (Red/Hendra)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini