-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Kelalaian Bisa Picu Kebakaran Lahan, Camat Gunung Meriah Minta Kades dan Perangkat Lakukan Pencegahan

    REDAKSI
    Monday, March 02, 2020, Monday, March 02, 2020 WIB Last Updated 2020-03-02T07:27:11Z
    Camat Gunung Meriah, Drs.Johan Pahmi Sanip

    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Camat Gunung Meriah Johan Pahmi Sanip menghimbau kepada seluruh Kepala Desa beserta perangkatnya agar mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan masing- masing.

    "Jangan sampai ada musibah asap di Gunung Meriah. Kita berupaya keras sampai sekarang ini untuk mencegah agar karhutla tidak ada di Gunung Meriah," kata Camat Gunung Meriah Johan Pahmi Sanip saat ditemui Singkilterkini.net, Senin (2/3/2020) diruang kerjanya.

    Camata Gunung Meriah atau yang akrab disapa Sanip menuturkan, upaya yang dapat dilakukan Kepala Desa dan perangkatnya diantaranya memberikan sosialisasi/ pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar saat membuka lahan ataupun menebang pohon.

    Menurutnya, Karhutla bisa terjadi dikarenakan kelalaian dan/atau ada unsur kesengajaan. Untuk itu sangat penting diberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya karhutla.

    "Kita tidak ingin ada bencana kabut asap di Gunung Meriah, karena akan banyak kerugian yang kita alami," sebutnya.

    Ditambahkannya, bahwa pihak kecamatan bersama Muspika juga sudah pernah mensosialisasikan kepada Kades agar dapat melakukan pencegahan Karhutla di wilayahnya masing - masing terutama bagi kades yang daerahnya rawan terjadinya Karhutla.

    Hal itu tidak hanya disampaikannya pada saat Sosialisasi, akan tetapi juga ikut disampaikan pada saat Apel Pagi dan Rapat internal dengan Kepala Desa se Kecamatan Gunung Meriah.

    "Kita juga mengigatkan agar Kades yang daerahnya rawan terjadinya Karhutla untuk menganggarkan dana Desa untuk membeli mesin pompa air sebagai alat untuk dilakukan pencegahan awal ketika terjadi kebakaran lahan," ujarnya. (Jml)
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

    Terkini

    Headline

    +