">

Disparpora Aceh Singkil Buka Seleksi Paskibraka Provinsi Aceh Tingkat Kabupaten, Begini Tahapan Seleksinya

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL -- Sebanyak 19 peserta utusan dari sekolah SMA/Sederajat di Kabupaten mengikuti seleksi paskibraka Provinsi Aceh Tingkat Kabupaten Aceh Singkil yang diselenggarakan Dinas Parawisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Aceh Singkil, pada Selasa (24/3/2020).

Kadisparpora Kabupaten Aceh Singkil Edy Hartono menjelaskan, peserta seleksi berasal dari utusan SMA/Sederajat negeri dan swasta di Kabupaten Aceh Singkil.

Pelaksanaan seleksi, kata Edy, dilakukan selama satu hari dengan tim seleksi terdiri dari unsur TNI, POLRI dan Disparpora Kabupaten Aceh Singkil.

Sedangkan jumlah yang akan diterima menjadi anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten Aceh Singkil sebanyak 4 orang dengan rincian 2 orang sebagai peserta dan 2 orang sebagai cadangan.

"Jumlah yang dipilih sebanyak 4 anggota, 2 diantaranya yang terbaik dikirim ke provinsi Aceh dan 2 sisanya ditetapkan sebagai cadangan," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Seleksi Herri Syahputra menyebutkan para calon pasukan pengibar bendera pusaka, akan menerima materi seperti mengukur tinggi badan dan berat badan untuk putera 170 cm dan putri 165 cm. Sementara itu berat badan harus proporsional.

Selain itu materi yang akan disampaikan selama seleksi berupa PBB (Peraturan Baris Berbaris) jasmani, kesehatan. Kemudian test pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, keagamaan, budaya dan kemampuan bahasa inggris.

"Hasil seleksi calon anggota Paskibraka ini akan kita umumkan pada hari ini, semua tahapan harus sudah selesai" terang Herri.

Pemenang hasil seleksi satu pasang akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Aceh Singkil pada seleksi paskibraka di tingkat provinsi Aceh pada awal April 2020 mendatang.

"Peserta yang lulus seleksi Paskibraka tidak dikarantina di Aceh Singkil, namun hanya diberikan treining singkat selama 1 Minggu untuk persiapan menghadapi seleksi di Tingkat Provinsi," sebutnya. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini