-->

 


Cegah Covid 19, Kodim Subulussalam Semprotkan Disinfektan di Sarana Publik

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, SUBULUSSALAM - Dalam rangka mencegah merebaknya Virus Corona (Covid-9), Kodim 0118/Subulussalam bersama Instansi terkaitlainnya terus melakukan berbagai upaya dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Salah satunya, dengan melakukan penyemprotkan cairan antiseptik atau disinfektan terhadap fasilitas umum (sarana publik) di wilayah Kota Subulussalam, Aceh, pada Kamis (26/3/2020).

Sebagai bagian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, TNI juga merupakan salah satu profesi yang tidak masuk dalam himbauan Pemerintah Pusat untuk mengisolasi diri dirumah.

Terkait hal itu, TNI bersama sejumlah Profesi lainnya seperti Institusi Polri dan tenaga kesehatan (Medis) masih terus bekerja untuk memastikan penanganan Virus Corona agar tidak semakin parah.


Sebagaiman diketahui, virus corona termasuk salah satu wabah atau ancaman besar bagi masyarakat yang tentunya tidak dapat dianggap remah.

Untuk itu, Kodim 0118/Subulussalam mengambil kebijakan guna mendukung secara penuh tugas Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.


"Langkah ini sebagai ikhtiar Kodim Subulussalam dalam mencegah wabah Virus Corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah sarana publik atau fasilitas umum," kata Dandim 0118/Subulussalam Letkol Inf Winarko S.Ag, M.Tr(Han) saat mamantau langsung pelaksanaan penyemprotan cairan disinfektan.

Dandim juga berharap, semoga upaya yang dilakukan tersebut dalam mencegah penyebaran virus corona dapat berhasil. "Semoga masyarakat Kota Subulussalam dapat terhindar dari virus corona”, doa Dandim Winarko.


Ia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada, karena Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin dalam mencagah peredaran virus corona.

Kendati demikian, dengan adanya penyemprotan disinfektan ini harus didukung juga dengan gerakan mandiri seperti mengisolasi diri di rumah masing-masing. Serta mematuhi anjuran pemerintah dalam menerapkan social distancing.


Menurutnya, social distancing perlu dilakukan agar rantai penyebaran virus Corona segera terputus.

"Inti dari Social Distancing sendiri adalah pembatasan interaksi sosial dengan disiplin, perlu kesadaran pribadi dan perhatian dari aparat agar pelaksananya dapat berhasil optimal," jelasnya.


Tak hanya itu, kepada seluruh warga masyarakat yang ada di wilayah Kota Subulussalam, Dandim juga berharap untuk dapat menjaga diri dan keluarga agar tetap di rumah, terkecuali ada keperluan yang mendesak.

"Hindari tempat-tempat keramaian serta menerapkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS)," imbau Letkol Winarko.

Hari ini, kata Dandim, rumah ibadah dan fasilitas umum akan disemprot disinfektan dengan agar tidak mengendap Virus Corona dan virus lainnya. 


"Sekali lagi kami meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah selama masa isolasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah. Kamu di rumah untuk Kami dan Kami tetap bekerja untuk Kamu”, tegasnya.

Selain penyemprotkan cairan disinfektan disejumlah fasilitas umum, lanjutnya, juga dilakukan kampanye social distancing kepada masyarakat melalui pengeras suara dengan menggunakan kendaraan Kodim.

“Kami menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang serta banyak beribadah dan berdoa kepada Allah SWT," ajaknya.


Kemudian, sambungnya, selalu menjaga pola hidup yang sehat, makan yang sehat, cuci tangan dengan air bersih dan yang mengalir. Kurangi aktivitas di luar rumah, hindari kerumunan massa, hindari keramaian, cukup berada di rumah kecuali ada kepentingan yang mendesak baru keluar dari rumah.

“Kepada warga masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam pembatasan interaksi ini, jika memungkinkan untuk bisa bekerja, belajar dan beribadah dirumah masing-masing untuk mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19”, himbau anggota Kodim melalui pengeras suara.

Pantauan, para personil Kodim 0118/Subulussalam melakukan penyemprotan Disinfektan ke rumah ibadah dan sarana publik yang letaknya tersebar.



Diantaranya Masjid, Terminal, Kantor Pemerintahan dan fasilitas umum lainnya . Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan wabah Virus asal Kota Wuhan (China).

Turut serta dalam kegiatan tersebut Pemkot Subulussalam, Polres Subulussalam, Dinas Kesehatan Subulussalam, PSC Subulussalam dan BPBD Subulussalam. (Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini