-->

Korem 071/Wijayakusuma, Uji Profesionalitas Prajurit Dengan UTP

KODIM CILACAP author photo

Banyumas, Jateng | SINGKILTERKINI.NET - Prajurit profesional dituntut menguasai dan mahir melaksanakan tugas sesuai pangkat dan jabatannya. Karenanya, berkenaan dengan keprofesionalitasan prajurit khususnya kemampuan prajurit dalam mengemban tugasnya maka Korem 071/Wijayakusuma  menggelar Uji Terampil Perorangan  Tamtama dan Bintara. Rabu (5/1/2020) di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

"Untuk mencapai tingkatan profesional diperlukan latihan secara maksimal, bertahap, bertingkat dan berlanjut di awali dengan latihan perorangan sampai latihan satuan untuk mencegah terjadinya kesalah-pahaman dalam pengaplikasian prosedur dan teknik sesuai tugas dan tanggungjawabnya yang diemban prajurit",  terang Kasiopsrem 071/Wijayakusuma, Mayor Inf Yusuf Prasetyo.
"Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan prajurit Korem 071/Wijayakusuma pada tingkat keterampilan dan jabatannya masing-masing", jelasnya.

"Sehingga bisa menjadi prajurit yang disiplin, profesional, solid, berwawasan kebangsaan dan mencintai serta dicintai rakyat. Karena menyikapi pada era globalisasi dan modernisasi saat ini kesiapan dan kecakapan prajurit sangat diperlukan. Juga untuk memelihara, meningkatkan dan mengetahui tingkat pengetahuan dan ketrampilan perorangan prajurit sesuai Buku Pedoman Umum Prajurit (BPUP) serta sasarannya bagi Bintara dan Tamtama mampu dan memahami tingkat keterampilan dalam BPUP", lanjutnya.

Adapun materi yang diujikan pada pelaksanaan Uji Terampil Perorangan (UTP) untuk Personel Korem 071/Wijayakusuma sesuai dengan tugasnya sebagai komando teritorial juga membahas masalah teritorial. Pos I dari mulai pangkat Pratu dan Praka materinya bersifat mendasar yaitu tentang sumpah prajurit dan delapan wajib TNI, pengumpulan keterangan dan lapor cepat serta bagaimana mencari data geodemokonsos.

Kemudian berlanjut ke pos 2 dan seterusnya. Hingga ke materi yang lebih mendalam yang berada di Pos V yaitu untuk pangkat Serka dan Serma yaitu menguji materi spesialisasi tentang Intel ter, spesialisasi ketatalaksanaan binter, spesialisasi pembinaan ketahanan wilayah, spesialisasi komunikasi sosial dan spesialisasi bhakti TNI.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., menyampaikan, Uji Terampil Perorangan ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dasar kemiliteran masing-masing prajurit sesuai bidang tugasnya, agar kedepan nantinya dalam melaksanaan tugas berjalan secara tepat, benar dan proporsional sesuai yang diharapkan.

"Setiap prajurit khususnya prajurit Makorem 071/Wijayakusuma dituntut dan wajib mengetahui tugas dan perannya masing-masing  sesuai jabatan yang diemban, agar nantinya kedepan dalam melaksanakan tugas diharapkan menjadi prajurit yang handal dan profesional, prajurit yang mampu menunjukkan kinerja yang baik", terangnya. (Sty)


Sumber : Penrem 071/Wijayakusuma

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini