-->

Penanggulangan Bencana, Polres Aceh Singkil Gelar Rakor Lintas Sektoral

REDAKSI
Rapat lintas sektor kesiapsiagaan penanggulangan bencana - Dok. Polres Aceh Singkil

ACEH SINGKIL - Polres Aceh Singkil melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (16/1/2020).

Rakor yang dilaksanakan di ruang Aula Polres Aceh Singkil ini, dihadiri Kapolres Aceh Singkil, AKBP Mike Hardy Wirapraja, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Anggota DPRK Aceh Singkil Surianto, Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Inf Syaifuddin, dan Kajari Aceh Singkil diwakili.

Hadir juga, para Kepala SKPK yang terkait dilingkungan Pemkab Aceh Singkil, Kabag Hukum dan HAM Setdakab Aceh Singkil, PMI Aceh Singkil, PJU Polres Aceh Singkil dan Kapolsek Jajaran Polres Aceh Singkil.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK,MH menyampaikan bahwa siklus penanggulangan bencana diwilayah Kabupaten Aceh Singkil perlu dilakukan secara utuh yang dimulai dengan mengupayakan kesiapsiagaan dini, hingga melaksanakan patroli dan sambang kepada masyarakat guna pengurangan resiko bencana.

"Kabupaten Aceh Singkil termasuk salah satu daerah yang berada dalam posisi yang rawan terjadi bencana alam diantaranya seperti banjir dan tanah longsor," ujar Kapolres Aceh Singkil kepada Singkilterkini.net.

Melihat potensi bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Kapolres mengatakan perlu adanya dilakukannya persamaan persepsi dalam hal penanganan bencana alam melalui peningkatan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi program kegiatan antara Polres Aceh Singkil dengan BPBD serta semua pihak baik organisasi perangkat daerah, lintas sektor, maupun dunia usaha dan masyarakat. 

Hal itu, menurut Kapolres perlu dilakukan secara berkesinambungan dengan harapan dapat tercipta upaya penanggulangan yang proporsional antara preventif dan responsive.

"Rapat Koordinasi hari ini dilaksanakan untuk mewujudkan sinergitas perencanaan antara Polres Aceh Singkil dengan instansi terkait lintas sektor dengan harapan dapat tercipta sistem penanggulangan bencana yang tangguh, teruji dan profesional dalam melaksanakan penanggulangan bencana," ujarnya. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini