-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    BKPSDM Aceh Singkil Terapkan Absensi Sidik Jari Digital Bagi Pegawai

    REDAKSI
    Friday, January 24, 2020, Friday, January 24, 2020 WIB Last Updated 2020-01-24T12:15:53Z
    Salah seorang PNS BKPSDM Aceh Singkil saat melakukan absensi dengan menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari. -SINGKILTERKINI.NET/JML

    ACEH SINGKIL - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Singkil menerapkan sistem absensi dengan menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari atau Fingerprint.

    "Penerapan sistem absensi dengan menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari diantaranya bertujuan untuk meningkatkan kedisipilinan para pegawai," kata Kepala BKPSDM Kabupa Aceh Singkil, Ali Hasmi, kepada Singkilterkini.net, Jumat (24/1/2020) diruang kerjanya.

    Menurut Ali Hasmi, penerapan sistem absensi dengan menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari tidak hanya diberlakukan bagi PNS, tetapi juga berlaku bagi honorer.

    Penerapan Absensi Sidik Jari ini, lanjutnya sudah berjalan dua tahun. "Sebelum para pegawai mengisi absensi sidik jari digital juga diarahkan untuk berdoa agar terhindar dari malas," jelasnya.

    Disampaikannya, meski penggunaannya yang tidak terlalu rumit, namun masih terdapat sejumlah kendala dalam penerapan absensi debgan mengunakan sistem Absensi Sidik Jari Digital.

    "Penggunaannya tidak terlalu rumit, tinggal menempelkan sidik jarinya padasaat masuk dan pulang kantor. Kendalanya ketika listrik mati saja, mau tidak mau menggunakan sistem manual kembali," sebut Ali Hasmi.

    Penggunaan absensi dengan menggunakan sistem Sidik Jari ini pun, diakuinya cukup ampuh untuk meningkatkan disiplin pegawai. Apalagi, jika ada pegawai yang kedapatan tidak disiplin juga akan dikenakan sanksi.

    "Semoga kedepan ini seluruh SKPK dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dapat menerapkan sistem absensi dengan menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari yang dapat terkoneksi ke satu server," harapnya.

    Sementara itu, Muhammad Iqbal, PNS BKPSDM Aceh Singkil kepada Singkilterkini.net mengaku sangat mendukung adanya penerapan sistem absensi dengan mengunakan mesin sidik jari bagi PNS dan Honorer.

    Menurutnya, dengan adanya penerapan tersebut akan sangat bermanfaat para pegawai baik PNS dan Honorer dalam meningkatkan kedisiplinan. Apalagi BKPSDM Aceh Singkil juga ikut memberlakukan sanksi bagi PNS atau Honorer yang tidak disiplin.

    Semenjak diberlakukannya absensi sidik jari digital ini, lanjutnya, kedisiplinan para pegawai di BKPSDM Aceh Singkil juga lebih meningkat. "Dengan adanya sistem ini, juga akan melatih diri kita untuk jujur," jelasnya.
    (Jml/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

    Terkini

    Headline

    +