"> -->

Babinsa Sikalondang Komsos Dengan Petani Kacang Hijau

REDAKSI
SUBULUSSALAM - Dalam upaya membantu budidaya tanaman kacang hijau, Babinsa Koramil 01/Simpang Kiri Kodim 0118/Subulussalam Kopda B.Pelawi melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan petani kacang hijau di Desa Sikalondang, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh Rabu (29/1/2020).

Pendampingan Babinsa bukan hanya diberikan kepada para petani padi saja seperti yang terlihat selama ini. Babinsa juga memberikan pendampingan kepada warga yang bercocok tanam selain padi, tetapi juga kepada petani kacang hijau.

Menjelang siang hari Kopda B.Pelawi tiba di Lahan kacang hijau milik petani yang bernama Agam yang berada di Desa Sikalondang. Awalnya kedatangan Babinsa ini untuk melakukan silaturahmi dan komsos saja tetapi saat melihat warga sedang berada di lahan maka Kopda B.Pelawi singgah dan memberikan pendampingan. 

"Saya sedang berada di lahan kacang hijau milik Pak Agam yang tergabung dalam kelompok tani Bersatu di Desa Sikalondang. Umurnya sekitar 40 hari, tanahnya subur " kata Kopda B.Pelawi.

Seperti pepatah "Sambil menyelam minum air " kedatangan Babinsa selain untuk Komsos juga memberikan masukan kepada warganya  agar menyemprot hama ulat yang ada di tanaman kacang hijau. 

"Tujuan penyemprotan untuk memberikan kesuburan terhadap tanaman kacang dan sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama tanaman kacang hijau. Sehingga diharapkan para petani melaksanakan penyemprotan secara serentak guna penanggulangan hama bisa berjalan dengan efektif," jelasnya.

Kopda B.Pelawi juga menyarankan kepada Pak Agam tentang perlunya perawatan rutin untuk lahannya ini diantaranya harus dipupuk dan disiram. Selain itu rumput liar juga harus rutin dibersihkan agar tidak diganggu hama tanaman. (Pendim0118/Hendra.a)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini