-->

Sebelum Beroperasi, Kapal Cepat dan Speedboat serta Ambulan Dipeusijuek

REDAKSI
KM Tailana
SINGKILTERKINI.NETBupati Aceh Singkil Dulmusrid dan Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali mempeusiejuk Kapal Cepat TM Tailana milik Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Singkil di Pelabuhan Barang, Desa Pulo Sarok Kecamatan Singkil, Jumat (27/12/2019).

Dalam kesempatan, Dulmusrid dan Sazali (Dulsaza) juga ikut mempeusiejuek Tiga Unit Speedboat milik Disparpora dan Dua Unit Mobil Ambulan milik RSUD Aceh Singkil.

Dalam kegiatan itu juga ikut dihadiri diantaranya, Anggota DPRK Aceh Singkil, Kadishub Aceh Singkil Edi Hartono, Kadisparpora Aceh Singkil Faisal, Direktur RSUD Aceh Singkil Khuzaini, Sejumlah Kepala SKPK lainnya, dan Tamu undangan.

Usai acara peusijeuk, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Singkil beserta rombongan ikut mencoba kapal cepat TM Tailana dengan berkeliling di seputaran peraian Aceh Singkil.

Speedboat
Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Edi Hartono kepada wartawan, mengatakan pengelolaan Kapal Cepat yang diberi nama TM Tailana akan digunakan sebagai alat transportasi antar pulau.

"Kedepannya ini, untuk penggelolaannya akan dipihak ketigakan sehingga keberadaan TM Tailana dapat menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD)," ujar Edi.

Saat ini, lanjut Edi, Dinas Perhubungan Aceh Singkil sedang menyelesaikan beberapa persyaratan, Seperti kelayakan crew dan PP.

Terkait besaran ongkos yang akan dikenakan kepada para penumpang, Menurut Edi akan diputuskan oleh pihak ketiga yang menjadi mitra, sedangka dari Pemkab Aceh Singkil hanya mengetahui.

Disampaikannya, apabila proses tersebut sudah selesai, maka kapal cepat TM Tailana sudah dapat dioperasionalkan.

Dijelaskannya, bahwa KM Tailana akan melayani rute pelayaran Singkil-Pulau Banyak-Pulau Banyak Barat dan sebaliknya.

"KM Tailana dapat menempuh pelayaran sekitar 1,5 jam Singkil-Pulau Banyak, KM Tailana juga dilengkapi dengan alat pendingin udara," jelasnya.

Mobil Ambulance RSUD Aceh Singkil

Sementara itu, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid menyampaikan telah memerintahkan Kadishub Aceh Singkil untuk segera membuat program perencanaan tempat berlabuhnya (Dermaga) Kapal cepat KM Tailana termasuk dengan DID nya.

Berdasarkan hasil peninjauan, lanjutnya, pelabuhan lebih mengarah dibangun di kawasan Danau Anak Laut, dikarenakan dikawasana tersebut dinilai lebih aman dijadikan sebagai tempat berlabuh lantaran ombaknya tidak besar.

Kendatipun demikian, kondisi anak laut agak dangkal sehingga diperlukan untuk dilakukan pengerukan atau pendalaman. (Red/Jml) 
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini