-->

Inilah Nama-Nama Yang Masuk Dalam Susunan Kabinet Indonesia Maju

REDAKSI
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin berfoto bersama seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju, di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi. (Foto: Rahmat/Humas).

SINGKILTERKINI.NET, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan 38 nama menteri dan pejabat setingkat menteri yang akan membantu pemerintahannya bersama Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.

Dalam pengumuman yang digelar di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi tadi, dengan cara duduk bersama Presiden, Wakil Presiden, dan seluruh menteri itu, Presiden Jokowi menyampaikan nama kabinetnya adalah Kabinet Indonesia Maju.

“Dalam jangka pendek ini 5 tahun ke depan, fokus pada pengembangan SDM, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” kata Presiden Jokowi sebagaimana dilansir Setkabgoid.

Berikut nama-nama anggota Kabinet Indonesia Maju:

Menko Polhukam: Mahfud Md
Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto
Menko PMK: Muhadjir Effendy
Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan
Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto
Menteri Sekretaris Negara: Pratikno
Mendagri: Jenderal Tito Karnavian
Menteri Luar Negeri: Retno L.P. Marsudi
Menteri Agama: Jenderal (Purn) Fachrul Razi
Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H. Laoly
Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
Mendikbud: Nadiem Makarim
Menteri Kesehatan: dr. Terawan Agusputranto
Menteri Sosial: Juliari Batubara
Menteri Ketenagakerjaan: Ida Fauziyah
Menteri Perindustrian: Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perdagangan: Agus Suparmanto
Menteri ESDM: Arifin Tasrif
Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono
Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
Menkominfo: Johnny G Plate
Menteri Pertanian: Syahrul Yasin Limpo
Menteri LHK: Siti Nurbaya Bakar
Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo
Mendes PDTT: Abdul Halim Iskandar
Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil
Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa
Menteri PANRB: Tjahjo Kumolo
Menteri BUMN: Erick Thohir
Menkop UKM: Teten Masduki
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusbandio
Menteri PPPA: Gusti Ayu Bintang Darmawati
Menristek: Bambang Brodjonegoro
Menpora: Zainudin Amali
Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko
Sekretaris Kabinet: Pramono Anung Wibowo
Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia
Jaksa Agung: ST Burhanuddin.

Duduk di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10) pagi, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin mengumumkan nama-nama anggota Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Rahmat/Humas)

Dari 38 nama yang diumumkan oleh Presiden Jokowi menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju didominasi oleh para profesional (22), sementara dari partai politik hanya 16 orang.

Para menteri yang berlatar belakang politik adalah: 1. Airlangga Hartarto; 2. Prabowo Subianto; 3. Yasonna H. Laoly; 4. Juliari Batubara; 5. Ida Fauziah; 6. Agus Gumiwang Kartasasmita; 7. Agus Suparmanto; 8. Johny G. Plate; 9. Syahrul Yasin Limpo; 10. Siti Nurbaya Bakar; 11. Edhy Prabowo; 12. Abdul Halim Iskandar; 13. Suharso Monoarfa; 14. Tjahjo Kumolo; 15. Zainudin Amali; dan 16. Pramono Anung Wibowo.

Selain itu, 11 menteri yang tetap bertahan di posisinya dari 38 pos kementerian yang diumumkan oleh Presiden Jokowi itu. Ke-11 menteri itu adalah: 1. Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B. Pandjaitan; 2. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno; 3. Menteri Luar Negeri: Retno L.P. Marsudi; 4. Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H. Laoly; 5. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati; 6. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono; 7. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi; 8. Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil; 9. Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko; 10. Menteri LHK: Siti Nurbaya Bakar; dan 11. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung. (Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini