Babinsa Koramil 0109-07/Danau Paris Awasi Pembersihan Parit di Desa Napagaluh untuk Mitigasi Banjir dan Longsor -->s

Babinsa Koramil 0109-07/Danau Paris Awasi Pembersihan Parit di Desa Napagaluh untuk Mitigasi Banjir dan Longsor

Sunday, January 07, 2024, Sunday, January 07, 2024

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 0109-07/Danau Paris, Koptu Saut Marulitua Manalu, melakukan pemantauan terhadap kegiatan pembersihan parit di sepanjang jalan Desa Napagaluh, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Pada Minggu (07/01/2024). 

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meminimalisir risiko banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

Koptu Saut mengungkapkan bahwa tingginya curah hujan di Kabupaten Aceh Singkil telah menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Danau Paris mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Dalam menghadapi kondisi tersebut, pemerintah Desa Napagaluh berinisiatif melakukan pembersihan parit sepanjang jalan desa guna mengantisipasi potensi bencana.

"Kegiatan ini tidak hanya melibatkan tenaga manusia, tetapi juga menggunakan alat berat untuk mempercepat normalisasi jalan," ungkap Babinsa. 

Ia menambahkan bahwa selain partisipasi masyarakat melalui kerja bakti, Desa Napagaluh juga mendapatkan dukungan bantuan alat berat dari pemerintah daerah. Pemanfaatan alat berat ini difokuskan pada lokasi-lokasi yang dianggap rawan terhadap tanah longsor.

Langkah-langkah ini menunjukkan kolaborasi efektif antara Babinsa, masyarakat, dan pemerintah desa serta daerah dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan warga Desa Napagaluh dari potensi bencana alam. Upaya pencegahan ini diharapkan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap dampak buruk dari cuaca ekstrem di wilayah tersebut.(Rel) 

TerPopuler