Batuud Koramil Danau Paris Hadiri Rembuk Stanting Tingkat Kecamatan -->s

Batuud Koramil Danau Paris Hadiri Rembuk Stanting Tingkat Kecamatan

Saturday, November 18, 2023, Saturday, November 18, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Bati Tuud Koramil 0109-07/Danau Paris Pelda Husni menghadiri kegiatan rembuk stunting tingkat kecamatan yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Danau Paris., Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan rembuk stunting hari juga dihadiri oleh Camat Danau Paris Drs. Rahim, Kapolsek Danau Paris diwakili Aipda Bintara Sembiring, Kepala Puskesmas dr. Ali Whardana, Kepala KUA Ahmad Hasanuddin Berutu S.HI, Mukim Danau Paris Pintar Berutu serta Seluruh Kepala Desa dalam Kecamatan Danau Paris dan Para tamu Undangan.

Dalam kesempatan itu, dr. Ali Whardana selaku Kepala UPTD Puskesmas Danau Paris menjelaskan, Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun.

"Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak, ujarnya.

"Penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung. Penurunan stunting juga memerlukan pendekatan yang menyeluruh, yang harus dimulai dari pemenuhan prasyarat pendukung," sambung dr. Ali Whardana.

Sementara itu, Danramil 0109-07/Danau Paris Kapten Inf Sahidan melalui Pelda Husni selaku Bati Tuud dalam kesempatan itu berharap kegiatan Rembuk Stanting ini dapat memperkuat komitmen tim konvergensi stunting dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan segala potensi yang ada dalam masyarakat dengan tugas dan fungsinya baik melalui intervensi sensitif dan spesifik.

"Dengan dilaksanakannya pertemuan ini kami berharap dapat meningkatkan koordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada dalam rangka menurunkan angka Stunting khususnya di wilayah Kecamatan Danau Paris. Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," ungkap Husni. (Rel)

TerPopuler