Intensitas Hujan Tinggi, Babinsa di Kecamatan Suro Makmur Siaga Banjir -->s

Intensitas Hujan Tinggi, Babinsa di Kecamatan Suro Makmur Siaga Banjir

Saturday, October 14, 2023, Saturday, October 14, 2023

Suro Makmur - Babinsa Koramil 0109-08/Suro Makmur, Koptu Ahmet Ridho melaksanakan pemantauan banjir yang sempat menggenangi badan jalan lintas Singkil-Subulussalam dan rumah masyarakat di Desa Bulusema, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil. Sabtu (14/10/2023).

Tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejumlah daerah di kabupaten Aceh Singkil dan sekitarnya khususnya diwilayah kecamatan Suro Makmur sejak beberapa hari terakhir membuat debit air di aliran sungai Lae Sulampi menjadi naik. 

Bahkan terpantau luapan air pada Jumat (13/10/2023) malam menyebabkan jalan lintas Singkil-Subulussalam tepatnya di Desa Bulusema, Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil di genangi air.

Tinggi genangan air disepanjang -+ 300 M badan jalan lintas Singkil-Subulussalam tersebut bervariasi,  yakni kisaran 20-50 centimeter sehingga mengakibatkan kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang akan melintas untuk sementara tidak dapat lewat, banjir juga menyebabkan 65 unit rumah masyarakat sekitar terendam.

Menyikapi hal tersebut, Danramil 0109-08/Suro Makmur Letda Inf Ustaria memerintahkan para Babinsa untuk siaga dan memantau perkembangan di desa binaan masing-masing terutama wilayah yang rawan terjadi banjir.

"Laporkan setiap perkembangan situasi dan kondisi pada kesempatan pertama secara herarki, dan lakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan serta tetap utamakan faktor keamanan. Segera laksanakan pendataan rumah masyarakat yang terdampak banjir, menginstruksikan kepada masyarakat  agar selalu siaga dan waspada, melaksanakan monitor dan pemantauan wilayah yang rawan terjadi banjir secara terus menerus," ujar Danramil.

Kendati demikian,  lanjut Danramil, sampai sejauh ini banjir yang sempat menggenangi badan jalan lintas Singkil-Subulussalam di desa Bulusema belum membawa dampak negatif bagi masyarakat sekitar.

" Secara umum masyarakat masih bertahan di rumah masing-masing belum ada yang mengungsi dan aktivitas warga masih normal seperti biasa," ungkapnya.

Namun demikian dirinya mengimbau warga masyarakat agar selalu waspada sebagai antisipasi ketika air naik tiba-tiba. 

"Alhamdulillah saat ini berdasarkan laporan dari Babinsa, air yang menggenangi badan jalan Singkil-Subulussalam di Desa Bulusema sudah surut dan jalan sudah dapat dilewati oleh kendaraan, namun kita tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada mengantisipasi air naik karena sampai saat ini hujan masih turun walaupun dengan intensitas yang rendah, " terang Letda Inf Ustaria.(rel) 

TerPopuler