-->

Babinsa Koramil Danau Paris Pantau Wilayah Binaan Yang Terkena Banjir Dan Tanah Longsor

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 0109-07/Danau Paris Serda Aris turut andil dalam membantu warga desa binaannya yang terkena banjir dan tanah longsor di akibatkan oleh tingginya curah hujan yang terjadi di Desa Lae Balno dan Desa Sikoran, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (20/09/2023).

Dari hasil pantauan di lapangan, Banjir yang terjadi di desa Sikoran dan desa Lae balno tersebut dikarenakan meluapnya air Sungai Lae Ritik dan sungai Lae balno akibat tingginya curah hujan di seputaran wilayah Kecamatan Danau Paris. 

Sementara itu, untuk akses jalan Danau Paris menuju Tapanuli tengah Sumatra Utara juga terputus akibat tanah longsor dan terendam banjir sepanjang lebih kurang 300 Meter dengan ketinggian air sekitar 40 sampai 65 cm sehingga akses jalan utama Danau Paris ke Tapteng sampai saat ini belum bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Serda Aris yang merespons keadaan darurat ini bersama dengan aparatur Desa dan warganya bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Tidak hanya itu, mereka juga membantu dalam proses evakuasi warga yang terancam oleh banjir dan tanah longsor.

Selain itu, Babinsa juga berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan relawan lainnya, untuk memastikan bantuan dan evakuasi berjalan lancar. Mereka membawa peralatan darurat, makanan, air bersih, dan perlengkapan lainnya untuk warga yang terisolasi akibat bencana alam tadi.

Warga desa yang terdampak sangat mengapresiasi kerja keras Babinsa  nya, mereka merasa terbantu dan di dukung selama masa sulit ini. Babinsa juga memberikan edukasi terkait tindakan pencegahan dan keselamatan kepada warga desa untuk menghadapi potensi bencana alam di masa depan.

Saat ini pemerintah daerah dan instansi terkait juga sedang melakukan upaya pemulihan dan rehabilitasi wilayah yang terdampak. Semua pihak berharap agar kondisi segera pulih dan warga desa dapat kembali ke kehidupan normal mereka setelah menghadapi cobaan ini. Kita semua berdiri bersama dalam menghadapi bencana alam dan salut pada Babinsa yang selalu siap membantu masyarakat di saat-saat genting seperti ini.(REL)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini